APLIKASI SERBUK PEWARNA ALAMI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA PEMBUATAN HARD CANDY DENGAN TINGKATAN pH YANG BERBEDA

PRADITA, ANELIANANDA DIAN (2019) APLIKASI SERBUK PEWARNA ALAMI BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA PEMBUATAN HARD CANDY DENGAN TINGKATAN pH YANG BERBEDA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text (BAB I)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB III)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - BAB IV.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB V)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.I1.0091 ANELIANANDA DIAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

High boiled candy atau yang biasa dikenal dengan nama hard candy sendiri merupakan campuran konsentrat gula dan sirup glukosa yang dipanaskan hingga suhu 140oC-145oC sehingga dapat terbentuk massa seperti gelas (glasslike state). Dalam pembuatan hard candy, penambahan pewarna dan asam sitrat sangat berpengaruh terhadap penampakan produk. Dalam penelitian ini, bunga telang yang telah diserbukkan akan menjadi pewarna dalam pembuatan hard candy. Selain menghasilkan pigmen antosianin berwarna biru, bunga telang juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tingkatan pH yang berbeda terhadap karakteristik fisik (intensitas warna) dan kimia (aktivitas antioksidan dan total antosianin) pada hard candy dari bunga telang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perubahan warna dan total antosianin pada produk hard candy selama penyimpanan. Penelitian diawali dengan menyerbukkan bunga telang dengan penyalut maltodekstrin 15% yang kemudian diuji intensitas warna, kadar air, aktivitas antioksidan, dan total antosianinnya. Proses penyerbukkan bunga telang dilakukan dengan metode pengeringan semprot (spray dryer). Dalam penelitian terdapat empat macam perlakuan pH yang diterapkan dalam pembuatan hard candy; yaitu pH 3, pH 4, pH 5, dan pH 6. Hard candy yang dihasilkan dianalisis secara fisik, kimia, sensori, dan diuji perubahan warna serta total antosianinnya selama penyimpanan. Analisis fisik yang dilakukan berupa pengujian intensitas warna, sementara analisis kimia yang dilakukan berupa pengujian aktivitas antioksidan dan pengujian total antosianin. Analisis sensori dilakukan dengan uji hedonik (rating) oleh 30 panelis acak untuk menilai atribut warna, rasa, dan keseluruh sampel. Untuk pengujian selama penyimpanan dilakukan dengan cara menyimpan hard candy dengan pH 3, pH 4, dan pH 5 selama 35 hari dan diuji intensitas warna serta total antosianinnya di setiap minggu. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa hard candy dengan pH 4 menghasilkan aktivitas antioksidan dan total antosianin yang lebih tinggi. Semakin rendah nilai pH, nilai intensitas warna a* (+a) pada hard candy akan lebih tinggi dan nilai intensitas warna b* (-b) akan semakin rendah, sedangkan semakin tinggi nilai pH pada hard candy maka nilai intensitas warna a* (+a) akan semakin rendah dan nilai intensitas warna b* (-b) akan semakin tinggi. Hard candy dengan pH 3 menghasilkan produk yang cenderung disukai panelis dalam aspek warna dan keseluruhan. Hard candy dengan pewarna alami bunga telang tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama karena di setiap minggunya total antosianin dalam hard candy menurun dan hard candy mengalami perubahan warna menjadi memudar/memutih selama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food storage
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology > Food processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:31
Last Modified: 23 Oct 2020 08:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21542

Actions (login required)

View Item View Item