PRAKTIK PENCATATAN KELAHIRAN BAGI ANAK YANG TIDAK DIKETAHUI ORANGTUANYA PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Saraswati, Theresia Alvita (2019) PRAKTIK PENCATATAN KELAHIRAN BAGI ANAK YANG TIDAK DIKETAHUI ORANGTUANYA PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_BAB 4.pdf

Download (207kB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_DAPUS.pdf

Download (266kB)
[img] Text
15.C1.0042 Theresia Alvita S_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peristiwa kelahiran merupakan salah satu peristiwa penting yang wajib dilaporkan kepada Instansi Pelaksana. Anak memiliki hak untuk dicatatkan kelahirannya dan hak tersebut dilindungi oleh peraturan perundangan di Indonesia. Dalam praktik pencatatan kelahiran, salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu masih sulitnya anak-anak yatim piatu yang ada di Panti Asuhan mendapatkan hak identitas berupa akta kelahiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik pencatatan kelahiran bagi anak yang tidak diketahui orangtuanya pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang, dan untuk mengetahui hambatan apakah yang dihadapi dalam praktik pencatatan kelahiran bagi anak yang tidak diketahui orangtuanya Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan wawancara pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Dinas Sosial Kota Semarang, Panti Asuhan Kristen Tanah Putih, SOS Desa Taruna, dan Panti Asuhan Fakhruddin. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik pencatatan kelahiran anak yang tidak diketahui orangtuanya, persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon tidak hanya sebatas yang telah ditentukan dalam peraturan perundangan. Syarat lain yang harus dipenuhin yaitu: Kartu Keluarga, KTP pemohon, surat rekomendasi dari Dinas Sosial. Pemohon pencatatan kelahiran bagi anak yang tidak diketahui orangtuanya pada umumnya adalah Panti Asuhan. Meskipun sudah dilindungi peraturan perundangan yang ada, namun pada kenyataannya pelaksanaan pencatatan kelahiran bagi anak yang tidak diketahui orangtuanya belum mendapatkan penanganan yang optimal dari pihak panti asuhan tempat anak yang bersangkutan diasuh. Masih ada anak tidak diketahui orangtuanya yang berada di panti asuhan yang belum memiliki akta kelahiran karena masih kurangnya pemahaman bagaimana pencatatan kelahiran bagi anak yang tidak diketahui orangtuanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:29
Last Modified: 28 Sep 2020 06:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21399

Actions (login required)

View Item View Item