EFEK PERLAKUAN ALKALI DAN PEMUCATAN TERHADAP KARAKTERISTIK AGAR TEREKSTRAK DARI Gracilaria verrucosa THE EFFECT OF ALKALINE TREATMENT AND BLEACHING AGENT TO THE CHARACTERISTICS OF AGAR EXTRACTED FROM Gracilaria verrucosa

SUHARTO, RAYNALDO CHRISTIAN (2019) EFEK PERLAKUAN ALKALI DAN PEMUCATAN TERHADAP KARAKTERISTIK AGAR TEREKSTRAK DARI Gracilaria verrucosa THE EFFECT OF ALKALINE TREATMENT AND BLEACHING AGENT TO THE CHARACTERISTICS OF AGAR EXTRACTED FROM Gracilaria verrucosa. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf BAB III.pdf

Download (272kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf BAB IV.pdf

Download (44kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf BAB V.pdf

Download (26kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf DAPUS.pdf

Download (149kB)
[img] Text
15.I1.0149 RAYNALDO CHRISTIAN SUHARTO (1.36)..pdf LAMP.pdf

Download (212kB)

Abstract

Rumput laut dikelompokkan berdasarkan pigmentasinya menjadi cokelat, merah, dan biru. Agar merupakan unsur pokok dari alga merah yang umumnya diekstrak dari jenis Gracilaria dan Gelidium. Agar memiliki banyak manfaat di bidang pemrosesan makanan, farmasi, kosmetik, mikrobiologi, biologi molekuler, dan juga bioteknologi. Rumput laut juga memiliki manfaat untuk lingkungan dengan menghasilkan oksigen di dalam laut yang dapat digunakan oleh produsen pimer rantai makanan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas agar yaitu musim pemanenan, usia pemanenan, dan proses ekstraksi. Rumput laut yang berasal dari jenis Gracilaria semakin banyak digunakan dalam industri makanan untuk menggantikan kurangnya ketersediaan Gelidium. Ada beberapa perlakuan berbeda yang dilakukan dalam proses ektraksi bergantung pada jenis rumput laut yang digunakan. Rumput laut jenis Gracilaria harus mendapat perlakuan alkali sebelum proses ekstraksi untuk meningkatkan karakteristik dari gel yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kualitas serbuk agar terbaik yang diekstrak selama dua jam pada suhu 95oC dengan beragam konsentrasi NaOH dan CaCO3 dibandingkan dengan agar komersial. Terdapat lima konsentrasi yang berbeda yaitu 2, 4, 6, 8, dan 10%. Tujuan penggunaan NaOH adalah untuk meningkatkan kemampuan reologi dari agar. NaOH juga mampu mengurangi kandungan sulfat dalam agar. Sampel kemudian direndam dalam larutan CaCO3 untuk memucatkan warna dari agar. Untuk menjawab tujuan tersebut maka dilakukan dua jenis analisis yaitu analisis fisik dan kimia. Analisis fisik meliputi tekstur, warna, dan rendemen sedangkan analisis kimia meliputi pH dan kadar air. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan dengan adanya penambahan NaOH dan CaCO3. Dengan semakin banyak penambahan NaOH maka nilai tekstur, pH, dan juga rendemen juga mengalami peningkatan. Tektur mengalami peningkatan dengan adanya penambahan NaOH karena kemampuan NaOH untuk membuang sisa kandungan sulfat yang mampu menghambat pembentukan agar. Nilai pH mengalami peningkatan dengan adanya NaOH dan kalsium karbonat karena keduanya yang bersifat basa. Nilai rendemen juga mengalami penginkatan signifikan karena NaOH mampu merusak dinding sel yang mempermudah agar untuk keluar saat diekstraksi. Agar dengan penambahan 10% NaOH dan 8% CaCO3 memiliki karakteristik kekuatan gel, rendemen, dan warna yang optimal dan mendekati kontrol komersial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 02:25
Last Modified: 30 Mar 2020 02:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21073

Actions (login required)

View Item View Item