MODIFIKASI KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA TEPUNG KIMPUL (Xanthosoma sagittifollium) MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK MODIFICATION OF PHYSICOCHEMICAL CHARACTERISTICS COCOYAM (Xanthosoma sagittifollium) FLOUR USING ULTRASONIC WAVE

YUNIARTANTI, CLARA AGNETA RESMI (2019) MODIFIKASI KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA TEPUNG KIMPUL (Xanthosoma sagittifollium) MENGGUNAKAN GELOMBANG ULTRASONIK MODIFICATION OF PHYSICOCHEMICAL CHARACTERISTICS COCOYAM (Xanthosoma sagittifollium) FLOUR USING ULTRASONIC WAVE. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf BAB IV.pdf

Download (184kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf DAPUS.pdf

Download (187kB)
[img] Text
15.I1.0038 CLARA AGNETA RESMI YUNIARTANTI (4.9)..pdf LAMP.pdf

Download (534kB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara dengan hasil sumber daya alam yang melimpah. Khususnya untuk jenis umbi-umbian, salah satunya adalah umbi kimpul. Umbi Kimpul merupakan komoditi sumber karbohidrat. Namun umbi kimpul sampai sekarang masih kurang mendapat perhatian, baik pembudidayaan serta pengolahannya. Kandungan karbohidrat umbi kimpul yang tinggi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tepung. Pengolahan umbi menjadi tepung mempunyai kelebihan yaitu lebih tahan disimpan, mudah dicampur dengan bahan lain, dapat diperkaya dengan zat gizi, lebih praktis dan mudah digunakan untuk proses pengolahan lanjutan. Tepung kimpul memiliki karakteristik warna yang lebih gelap, viskositas dan kadar air yang cukup tinggi serta volume pengembangan yang kecil. Selain itu tingkat kekerasan yang cukup tinggi pada produk pangan yang dihasilkan. Modifikasi tepung kimpul menggunakan gelombang ultrasonik diharapkan dapat merubah sifat-sifat tersebut. Gelombang ultrasonik akan diteruskan oleh media cair ke medan yang dituju melalui fenomena kavitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan frekuensi dan waktu penggunaan gelombang ultrasonik terhadap karakteristik fisikokimia tepung kimpul. Penelitian ini menggunakan frekuensi gelombang ultasonik 45 kHz dan 80 kHz serta waktu selama 10 menit, 20 menit dan 30 menit. Analisa fisik yang dilakukan adalah derajat putih, viskositas, swelling power serta kecepatan pembentukan gel. Analisa kimia yang dilakukan meliputi kadar amilosa serta kadar air. Analisis hasil data dilakukan menggunakan metode parametrik One-way ANOVA dengan tingkat kepercayaan 95% menggunakan uji duncan. Hasil penelitian menunjukan semakin tinggi frekuensi serta waktu yang digunakan akan meningkatkan derajat putih, swelling power, kadar amilosa serta menurunkan kadar air dan waktu pembentukan gel pada tepung kimpul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Chemical Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 02:13
Last Modified: 05 Oct 2020 06:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21062

Actions (login required)

View Item View Item