TINGKAT PENYEDIAAN GIZI DALAM MENU-MENU HARIAN DI RUMAH SAKIT DI KABUPATEN KENDAL LEVELS OF NUTRITION PROVIDED IN DAILY MENUS OF HOSPITALS IN THE REGENCY OF KENDAL

Putri, Linda Bahari (2019) TINGKAT PENYEDIAAN GIZI DALAM MENU-MENU HARIAN DI RUMAH SAKIT DI KABUPATEN KENDAL LEVELS OF NUTRITION PROVIDED IN DAILY MENUS OF HOSPITALS IN THE REGENCY OF KENDAL. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf BAB IV.pdf

Download (65kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf DAPUS.pdf

Download (111kB)
[img] Text
14.I1.0195 LINDA BAHARI PUTRI (3.76)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah Sakit Umum mempunyai pelayanan kesehatan berupa penyelengaraan makanan, seperti perencanaan menu, perencanaan kebutuhan bahan pangan, perencanaan anggaran belanja, pengadaan bahan pangan, penerimaan dan penyimpanan, pemasakan bahan pangan, distribusi dan pencatatan, pelaporan serta evaluasi. Penyediaan bahan pangan di Rumah Sakit meliputi spesifikasi bahan makanan, perhitungan bahan makanan, pemesanan dan pembelian bahan makanan dan survei pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penyediaan gizi pada menu harian pada rumah sakit di Kabupaten Kendal dengan standar yang ada. Metode dasar penelitian yaitu deskriptif analitis dengan teknik survei. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit di Kabupaten Kendal. Kabupaten Kendal merupakan kabupaten yang berdekatan dengan Semarang yang berkembang pesat sehingga diharapkan mampu melengkapi data yang dibutuhkan karena kualitas rumah sakit yang baik. Sampel dari penelitian ini adalah Sampel Rumah Sakit, Sampel harian, dan Sampel Makanan pada Rumah Sakit di Kabupaten Kendal. Pengambilan sampel diawali dengan melakukan pengumpulan data yang meliputi berat dan menu makanan sesuai 11 siklus pengaturan menu menurut jumlah pasien dan standar porsi Rumah Sakit. Metode penelitian ini adalah mengumpulkan data dan menganalisis data. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti, Ahli gizi Rumah Sakit di Kabupaten Kendal. Data yang dikumpulkan meliputi menu makanan pasien, jumlah pasien, standar porsi dan standar resep. Data yang ada kemudian digunakan untuk menghitung besarnya total gizi menu harian di Rumah Sakit Kendal dan disesuaikan dengan standar nasional dan referensi yang ada. Dalam penelitian ini terdiri dari variabel yang meliputi menu makanan pasien yang disediakan dalam 11 siklus pengaturan menu yang disediakan secara periodik baik untuk makan pagi, siang, maupun malam. Pengukuran data untuk variabel tersebut menggunakan konversi gizi bahan makanan, konsumsi energi per orang per hari. Konsumsi gizi menu harian untuk pasien di Rumah Sakit diketahui dengan melihat besarnya konsumsi makanan per orang per hari sesuai dengan jumlah pasien dan standar porsi rumah sakit dalam skala URT yang kemudian dikonversikan dalam bentuk ukuran gram (gram/orang/hari) yang selanjutnya pengkonversian dilakukan dengan menggunakan Nutrisurvey. Teknik pengambilan data dengan metode observasi 3 hari berturut-turut dalam seminggu selama 4 minggu sampai dihasilkan total siklus pengaturan menu 11 siklus menu. Tabulasi data dilakukan dengan Ms. Excel. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan antara siklus menu dengan total energi, protein, lemak, karbohidrat, serat pada kedua rumah sakit di Kabupaten Kendal. Siklus menu terbaik pada RS A terdapat pada menu 2,4,5. Siklus menu terbaik pada RS B terdapat pada menu 2 dan 8.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Mar 2020 03:31
Last Modified: 24 Mar 2020 03:31
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21047

Actions (login required)

View Item View Item