PERANCANGAN GAME PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS KINECT

SANTOSO, GREGORIUS ALVIN RADITYA (2019) PERANCANGAN GAME PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA BERBASIS KINECT. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf COVER.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB I.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB III.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf DAPUS.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
15.N2.0002 GREGORIUS ALVIN RADITYA SANTOS (2.25)..pdf LAMP.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat turut mempengaruhi beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan sendiri merupakan suatu upaya untuk menyiapkan siswa melalui beragam kegiatan agar mampu memiliki peranan di masa depan. Aktivitas utama dalam proses pendidikan adalah pembelajaran. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga muncul perubahan perilaku menjadi lebih baik [1]. Salah satu materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh siswa adalah ilmu pengetahuan alam atau sains. Namun literasi sains siswa di Indonesia masih rendah [2]. Selain itu siswa cenderung menganggap mata pelajaran IPA itu sulit. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru juga masih monoton dan kurang inovasi untuk melibatkan siswa [3]. Salah satu materi IPA yang dianggap sulit ada sistem pencernaan manusia, banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM pada materi ini [4]. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang mampu membuat siswa merasa tertarik dan mudah dalam memahami materi sistem pencernaan. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah menggunakan game berbasis Kinect. Dengan menggunakan game siswa akan merasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan survei yang telah dilakukan kepada 30 responden siswa SMP di Kota Semarang, ternyata penggunaan game sebagai media pembelajaran sistem pencernaan manusia mampu memberikan dampak positif. Melalui game ini siswa mampu memahami materi sistem pencernaan dan merasa antusias dalam belajar. Kata kunci: Game, Media Pembelajaran, Kinect, Sistem Pencernaan Manusia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 03 Dec 2019 08:45
Last Modified: 10 Nov 2020 05:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20554

Actions (login required)

View Item View Item