KOREAN WAVE AND THE UNDERSTANDING OF CHINESE IDENTITY AMONG PERANAKAN CHINESE UNDERGRADUATE STUDENTS IN SOEGIJAPRANATA CATHOLIC UNIVERSITY

JUNE, SHIERLY (2012) KOREAN WAVE AND THE UNDERSTANDING OF CHINESE IDENTITY AMONG PERANAKAN CHINESE UNDERGRADUATE STUDENTS IN SOEGIJAPRANATA CATHOLIC UNIVERSITY. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
08.80.0016 Shierly June -COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text (BAB 1)
08.80.0016 Shierly June -BAB 1.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 2 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
08.80.0016 Shierly June-BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
08.80.0016 Shierly June -BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text (BAB 4 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
08.80.0016 Shierly June -BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
08.80.0016 Shierly June-BAB 5.pdf

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.80.0016 Shierly June -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08.80.0016 Shierly June -LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Studi ini didasarkan pada faleta bahwa Korean Wave adalah sebuah budaya pop di Indonesia dan banyak mahasiswa peranakan Cina di Dnika Soegijapranata yang menyukainya. Berdasarkan data yang berhasil dikwnpuIkan, didapati banyak mahasiswa peranakan Cina di Unika Soegijapranata memiliki pengetahuan yang kurang tentang budaya Cina. Hal ini membuat mereka menjadi mudah untuk menerapkan budaya lain khususnya budaya pop seperti Korean Wave. Beberapa produk Korean Wave dengan daya tarik khususnya seperti musik yang mudah didengar, drama yang bagus, selebritis yang menarik dan profesional, gaya dan cara berpakaian yang modem, variety show yang menghibur, dan tarian yang kreatif menarik perhatian mahasiswa peranakan Cma di Dnika Soegijapranata sehingga membuat Korean Wave popuIer. Pan Asianism ju~ menjadi salah satu faktor penting yang membuat banyak mahasiswa peranakan Cina di Unika Soegijapranata menyukai Korean Wave. Dalam perkembangannya, terdapat banyak sumber yang mendorong mahasiswa peranakan Cina di Unika Soegijapranata untuk menerapkan dan mengembangkan minat mereka terhadap jenis produk Korean Wave. Studi ini ditujukan untuk mendiskusikan pemahaman identitas Ci~ pada mahasiswa peranakan Cina di Unika Soegijapranata dan membuktikan sebuah fenomena budaya yang terjadi eli dalam masyarakat sekarang ini ~ang dikenal dengan istilah 'Korean Wave' Ylang memoeri pengaruh pada banyak mahasiswa peranakan Cina di Unika Soegijapranata. Penulis mendapatICan data dari interview langsung dengan peserta objek penelitian, studi pustaka, dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kesukaan pa(f8 produk Korean Wave; anggapan bahwa Korean Wave menarik, dan sedang populemya Kotean Wave adalah alasan mencfasar yang membuat banyak mahasiswa peranakan Cina di Dnika Soegijapranata menerapkan Korean Wave.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 Apr 2019 07:01
Last Modified: 25 Apr 2019 07:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item