DINAMIKA PSIKOLOGIS MOTIVASI BERORGANISASI MAHASISWA INTROVER

Shabrina, Refri Dara (2018) DINAMIKA PSIKOLOGIS MOTIVASI BERORGANISASI MAHASISWA INTROVER. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text (BAB I)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB II)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB IV.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB V)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB VI)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf BAB VI.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf DAPUS.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.40.0113 REFRI DARA SHABRINA (4.4)..pdf LAMP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologis motivasi berorganisasi pada mahasiswa yang memiliki kecenderungan introver menggunakan Self-Determination Theory dari Ryan dan Deci. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang sedang mengikuti minimal satu kegiatan organisasi di kampus. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki motivasi awal dan motivasi bertahan yang berbeda-beda. Untuk subjek O memiliki motivasi awal regulasi introyeksi kemudian regulasi integrasi saat SMA & berubah menjadi regulasi eksternal saat awal kuliah. Motivasi bertahan O adalah regulasi identifikasi setelah subjek dapat menentukan impiannya secara pasti. Selanjutnya, subjek A memiliki motivasi awal regulasi introyeksi saat SMP, regulasi identifikasi saat SMA kelas 1 hingga 2, lalu berubah menjadi regulasi introyeksi mulai kelas 2 SMA hingga awal kuliah. Sedangkan, untuk motivasi bertahan A berubah menjadi regulasi integrasi setelah subjek terbiasa berorganisasi di masa kuliah. Subjek terakhir, J, memiliki motivasi awal regulasi eksternal ketika dirinya mengikuti organisasi pertamanya di perkuliahan. Selanjutnya berubah menjadi regulasi identifikasi sebagai motivasi bertahan dimana subjek mengikuti organisasi untuk mengembangkan dirinya demi menunjang impiannya. Kata kunci: motivasi berorganisasi, mahasiswa, introver, self-determination theory

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:43
Last Modified: 25 Jun 2021 07:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item View Item