PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN DALAM BIMBINGAN BELAJAR

RAHARJO, INTAN LUCIANA (2018) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN DALAM BIMBINGAN BELAJAR. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf COVER.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB I)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB II)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB IV.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB V)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB VI)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf DAPUS.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11.40.0004 INTAN LUCIANA RAHARJO (7.51)..pdf LAMP.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa ditinjau dari keikutsertaan bimbingan belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan motivasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak ikut. Motivasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan yang tidak ikut bimbingan belajar. Subjek penelitian berjumlah 100 orang dan diambil dengan menggunakan teknik sampel quota. Untuk siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar adalah siswa dari SMA PL Don Bosko Semarang, sedangkan untuk yang mengikuti bimbingan belajar adalah siswa di Ganesha Operation Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, menggunakan alat ukur skala motivasi belajar, dan dianalisis menggunakan uji beda t-test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai t= 7,482 (p<0,01) dan skor rata-rata 47,12 untuk siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan 35,52 untuk siswa yang tidak ikut bimbingan belajar. Ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang ikut bimbingan belajar dengan yang tidak ikut bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa yang ikut bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan yang tidak ikut bimbingan belajar. Dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci : Motivasi Belajar, Bimbingan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:49
Last Modified: 09 Apr 2019 08:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18639

Actions (login required)

View Item View Item