Air, Anak dan Video Kelayakan Internalisasi 'Water Literacy' Pada Anak di Semarang Melalui Pembuatan Film Air Partisipatif

PRABOWO, DWI (2009) Air, Anak dan Video Kelayakan Internalisasi 'Water Literacy' Pada Anak di Semarang Melalui Pembuatan Film Air Partisipatif. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB I)
1-BAB-1.pdf

Download (30MB)
[img] Text (BAB II)
2-BAB-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (BAB III)
3-BAB-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (BAB IV)
4-BAB-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB-5.pdf

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (84MB)

Abstract

Degradasi kualitas air telah menjadi isu penting beberapa dekade ini. Penggunaan sumberdaya yang tidak berkelanjutan, khususnya air telah menyebabkan permasalahan yang serius. Internalisasi literacy air kepada masyarakat luas menjadi kunci untuk mengatasi permasalahan ini. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa banyak orang tidak paham terhadap siklus hidrologi yang berdampak pada penggunaan air yang tidak berkelanjutan. Partisipasi anak secara aktif menjadi sangat penting. Pelibatan anak secara aktif da/am agenda penyelamatan lingkungan akan memberdayakan anak dan mampu menjadi pengambil keputusan di masyarakat yang lebih luas nantinya. Film sebagai bentuk expresi visual dan rekonstruksi realitas sosial telah menjadi media yang efektif yang mampu mengikat penontonnya. Film juga memilild kekuatan untuk mengkomunikasikan ide secara realistis dan kongkret yang tidak bisa dilakukan bahasa verbal. Film dapat menjadi media yang eJektiJ untuk intemalisasi water literacy untuk tujuan perubahan perilaku masyarakat terkait dengan penggunaan sumberdaya air yang berkelanjutan. Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat kelayakan internalisasi water literacy melalui pembuatan film air partisipatif oleh anak SMP Kelas 7 - 8 di Kota Semarang. SMP Karangturi dan SMP Kartiyoso dipilih sebagai partisipan da/am studi ini. Empat kelompok dibentuk dari kedua SMP berdasarkan keminatan untuk terlibat dalam pembuatan film air yang masing-masing terdiri dari empat orang. Kelompok tersehut kemudian terlibat dalam proses pembuatan film air yang terdiri empat tahapan. Pertama, pembentukan kelompok film; kedua, tiap keiompok mendiskusikan isu terkait keberlanjutan dan akses sumberdaya air; ketiga, workshop pembuatan film air partisipatif; keempat, pembuatan film air. lnternalisasi water literacy melalui pembuatan film air partisipatif dapat memberdayakan anak secara personal, kolektif dan relasional. Hasil studi menunjukkan adanya komponen partisipasi anak yang efektif dalam proses pembuatan film air yaitu: respect, support, opportunity and responsibility. Dengan demikian pelibatan anak secara aktif dalam proses pembuatan film dapat menjadi cara yang eJektif untuk internalisasi water literacy.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Hydraulic Engineering > Water Resources
Divisions: Graduate Program in Environment and Urban Studies
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 07 May 2019 08:46
Last Modified: 07 May 2019 08:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18295

Actions (login required)

View Item View Item