DAMPAK PENGUMUMAN PEMENANG PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 TERHADAP PERBEDAAN RETUR SAHAM DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN

Hapsari, Reni (2015) DAMPAK PENGUMUMAN PEMENANG PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2014 TERHADAP PERBEDAAN RETUR SAHAM DAN AKTIVITAS VOLUME PERDAGANGAN. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (664kB)
[img] Text (BAB I)
1-Bab 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB II)
2-Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB III)
3-Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB IV)
4-Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
5-Bab 5.pdf

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang dampak pengumuman pemenang pemilihan presiden tahun 2014 terhadap perbedaan return saham dan aktivitas volume perdagangan di bursa efek. Penelitian ini penting dilakukan mengingat masih terbatasnya penelitian sebelumnya yang menguji tentang pengaruh politik khususnya pengumuman pemenang pemilihan presiden terhadap pasar modal yang diukur menggunakan return saharn dan aktivitas volume perdagangan. Selain itu, hasil dari penelitian-penelitian terdahulu yang ada menunjukkan hasil yang belum konklusif. Dengan menggunakan sampel emiten LQ-45 Bursa Efek Indonesia (BEl)periode 30 Juni 2014 - 18 Juli 2014, penelitian ini mengungkapkan basil bahwa (1). Terdapat perbedaan antara return sahamzsebelum dan setelah pengumuman pemenang presiden. Hal ini mengindikasikan bahwa peristiwa politik khususnya pemilu presiden dan wakil presiden memiliki pengaruh terhadap jalannya pasar modal, melalui pelaku pasar modal yaitu investor yang memiliki keyakinan bahwa situasi politik dapat memberikan keuntungan ataupun kerugian bagi mereka. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui bahwa pam investor lebih memilih menguangkan apa yang mereka investasikan pada saat sebelum pemenang pemilihan presiden diumumkan dengan alasan menghindari situasi yang tidak menentu pada saat pengumuman berlangsung atau setelahnya. (2). Terdapat perbedaan antara aktivitas volume perdagangan sebelum dan setelah pengumuman pemenang presiden. Hal ini mengindikasikan bahwa pasar bereaksi terhadap peristiwa politik. Berdasarkan hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa setelah pemenang pemilihan presiden diumumkan aktivitas perdagangan saham yang dilakukan para pelaku pasar modal lebih tinggi intensitaslvolumenya daripada sebelum pemenang pemilihan presiden diumumkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:54
Last Modified: 27 Oct 2020 03:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18004

Actions (login required)

View Item View Item