PERANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PRODUK SINGLET POLOS RENDA CABUT JARUM UD. SEKA WAN PUTRA

Haryanto, Jesslyn Trinata (2016) PERANCANGAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PRODUK SINGLET POLOS RENDA CABUT JARUM UD. SEKA WAN PUTRA. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text (COVER)
0-Cover.pdf

Download (853kB)
[img] Text (BAB I)
1-Bab 1.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB II)
2-Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3-Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
4-Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
5-Bab 5.pdf

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7-Lampiran.pdf

Download (287kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan melakukan perbaikan secara terus menerus dan meningkatkan kualitas produknya supaya sesuai standar yang berlaku dan dapat memenuhi selera pelanggan guna mencapai tujuan utama perusahaan. UD. Sekawan Putra yang merupakan salah satu perusahaan konveksi pakaian bayi juga selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas produknya dengan menekan jumlah produk cacat dalam proses produksinya. Salah satu cara yang dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan produk sesuai dengan prosedur dan standar kualitas adalah melalui pengendalian kualitas. Six sigma adalah salah satu metode pengendalian kualitas yang bertujuan untuk mencapai kinerja operasi dengan hanya 3,4 kecacatan I.-JI1tuk setiap juta peluang. Dengan diterapkannya six sigma melalui tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Control, Improve), diharapkan dapat mengurangi jumlah produk cacat dan melakukan tindakan perbaikan secara berkelanjutan (continuous improvement) sehingga dapat mencapai tingkat kegagalan nol (zero defect). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada produk singlet polos renda cabut jarum, diketahui bahwa UD. S~~wan Putra memiliki tingkat sigma sebesar 2,88 dengan kemungkinan kecacatan sebesar 3.920,5 per sejuta produk (DPMO). Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan' perlu melakukan perbaikan kualitas karena kualitas produk masih berada jaiih dari tingkat produk 6 sigma. Dengan menggunakan diagram pareto, prioritas Rerbaikan yang perlu dilakukan UD. Sekawan Putra difokuskan pada satu jenis penyebab utama kecacatan dengan frekuensi terbesar yaitu jahitan obras tidak' rapi "sebesar 161 dengan persentase kecacatan 49,2%. Sedangkan sumber dan akar penyebab masalah kecacatan jahitan obras tidak rapi pada produk singlet polos renda cabut jarum disebabkan oleh faktor methods, machines, manpower, dan environment. Adapun saran yang diberikan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan yaitu pemilik perusahaan perlu memberi motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerjanya, melakukan pemeliharaan mesin secara berkala untuk memaksimalkan kinerja mesin, pemilik perusahaan memberikan instruksi yang jeJas kepada karyawan secara tertulis dan Iisan untuk menghindari miss communication, pemilik perusahaan harus memperhatikan kondisi lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawan, dan melakukan evaluasi secara berkala antara pemilik perusahaan dan karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:42
Last Modified: 27 Oct 2020 03:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17997

Actions (login required)

View Item View Item