PELAKSANAAN HAK-HAK ANAK DALAM KONSEP SEKOLAH SEHARI PENUH

Candrasasi, Sadvika (2018) PELAKSANAAN HAK-HAK ANAK DALAM KONSEP SEKOLAH SEHARI PENUH. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text (BAB I)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB III)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).BAB III.pdf

Download (698kB)
[img] Text (BAB IV)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).BAB IV.pdf

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).DAPUS.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12.20.0068 SADVIKA CANDRASASI KARTIKASARI (4.79).LAMP.pdf

Download (573kB)

Abstract

SD Nasima Semarang merupakan pendidikan tingkat dasar swasta Islam terpadu yang menggunakan konsep sekolah sehari penuh berbasis pendidikan karakter dengan tujuan meningkatkan mutu dan kualitas dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik, namun pelaksanaan hak-hak anak berpartisipasi, bebas menyatakan pendapat dan berpikir sesuai dengan hati nurani dan agamanya, bebas menerima informasi lisan atau tertulis sesuai dengan tahapan usia dan perkembangan anak, bebas berserikat dan berkumpul, bebas beristirahat, bermain, berekreasi, berkreasi, dan berkarya seni budaya serta memperoleh sarana bermain yang memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan untuk para siswa di dalam SD Nasima belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan hak-hak anak dalam konsep sekolah sehari penuh di Sekolah Dasar Nasima Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan kualitatif. Obyek penelitian adalah pejabat dan penanggung jawab yang terkait dengan penelitian ini serta siswa SD Nasima dengan orangtua wali anak tersebut. unit analisis data adalah bagian kesiswaan SD Nasima, siswa kelas IV,V,VI, orangtua siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kurikulum dilihat dari (a) jadwal pelajaran,beban belajar,ekstrakurikuler,(b) fasilitas sekolah untuk menunjang program FDS, sekolah telah mewujudkan hak anak yaitu dengan memberi jam istirahat 60 menit sebanyak dua kali dan juga memberi akses cctv ke orangtua siswa.(2) siswa dilihat dari hasi kuesioner, sekolah telah mewujudkan hak bermain dan beristirahat siswa dalam menjalani sekolah sehari penuh (3) peran orang tua dalam mewujudkan hak anak dilihat dari hasil kuesioner dan wawancara, orang tua telah mewujudkan hak anak bermain serta memanfaatkan waktu luang dengan memberi kebebasan jam bermain diluar jam sekolah Kata kunci: sekolah sehari penuh, hak anak bermain, hak anak beristirahat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
300 Social Sciences > 320 Political science > Human Right
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:21
Last Modified: 19 Jan 2021 08:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item