PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL KONSUSI BUAH & SAYURAN BERVITAMIN A , C, DAN E UNTUK MENCEGAH GANGGUAN MATA ANAK SEKOLAH DAS-AR USIA 8 - 12 TAHUN

Setiadi, Dani (2018) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL KONSUSI BUAH & SAYURAN BERVITAMIN A , C, DAN E UNTUK MENCEGAH GANGGUAN MATA ANAK SEKOLAH DAS-AR USIA 8 - 12 TAHUN. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text (BAB I)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB II)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text (BAB III)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text (BAB IV)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).DAPUS.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.L1.0045 DANI SETIADI (3.11).LAMP..pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu alat indera di dalam tubuh yang berguna dalam kehidupan sehari – hari seperti mata merupakan bagian vital indera yang paling penting, Karena di sepanjang hidup kita memerlukan dan menggunakan indera mata untuk melihat dan membaca. Pada saat pekan raya memperingati hari kesehatan nasional yang ke 50 ,telah di selengarakan jalinan hubungan Gabungan Pengusaha Optik Indonesia yang di singkat (GAPOPIN) serta Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) yang telah meriset data di dalam kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa sudah tercatat sebanyak 40 persen anak di Indonesia mengalami derita gangguan mata dan kelainan mata sehingga kurangnya kesadaran perilaku kebiasaan buruk yang menyebab kan hal tersebut bisa terjadi .Yang membuat anak sekolah dasar sekarang banyak yang menggunakan kacamata. Dampak negatif gangguan penglihatan sangat berpengaruh pada saat proses kegiatan belajar di sekolah maupun interaksi sosial yang terjadi dimana saja yang mengakibatkan perkembangan anak secara alamiah dan intelegensi serta kemampuan akademis, profesi dan sosial vii mengalami penurunan . Selain gadget yang di gunakan untuk bermain game yang merupakan salah satu Kemajuan teknologi penyebab gangguan penglihatan pada anak sekolah dasar .Kekurangan vitamin A , C dan E pada mata juga berpengaruh negatif terhadap kesehatan mata . .Kurangnya kesadaran akan kebiasaan buruk dan kekurangan vitamin serta hanya suka pada buah dan sayuran tertentu (picky eaters) yang mengakibatkan terjadinya kurangnya nutrisi vitamin sehingga anak pada usia dini sudah banyak yang menggunakan kacamata . Maka dari itu perlu suatu tindakan untuk menanggulangi masalah tersebut. Penulis memberikan penyelesaian masalah dengan merancang sebuah kampanye sosial yang melibatkan orang tua sebagai seorang target yang berperan untuk mendapingi sasaran target utama yang merupakan anak sekolah dasar usia 8 -12 tahun yang dinilai berkaitan dengan masalah tersebut . Perancangan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengajak supaya anak serta peran orang tua mau untuk berusaha meningkatkan pola konsumsi buah dan sayuran agar terhindar dari penyakit gangguan mata yang di dalamnya terdapat sebuah media interaktif berupa sebuah permainan board game yang melibatkan buah dan sayuran yang dinilai cukup efektif untuk bisa menanggulangi dan mengatasi masalah tersebut .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home & family management > Food and Drink
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:15
Last Modified: 25 Jun 2021 06:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/17119

Actions (login required)

View Item View Item