METODE SIMULTANEOUS PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BANTU DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI INTELLECTUAL DISABILITY KATEGORI BERAT

Murtiningtyas, Murtiningtyas (2018) METODE SIMULTANEOUS PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BANTU DIRI PADA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI INTELLECTUAL DISABILITY KATEGORI BERAT. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).COVER.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB I)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB III)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).BAB IV.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB V)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0030 MURTININGTYAS (8.45%).DAPUS.pdf

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan dengan menggunakan metode simultaneous prompting untuk meningkatkan kemampuan bantu diri dalam memasang pembalut pada remaja putri dengan intellectual disability kategori berat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada peningkatan keterampilan bantu diri dalam memasang pembalut pada remaja putri yang mengalami intellectual disability kategori berat setelah diberikan pelatihan dengan menggunakan metode simultaneous prompting. Keterampilan memasang pembalut terdiri dari delapan tahap. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja putri yang mengalami intellectual disability kategori berat berusia 10 tahun delapan bulan dan memiliki kemampuan bantu diri dalam memasang pembalut yang rendah. Penelitian ini menggunakan single subject design dengan A-B-A Follow Up. Alat pengukuran data yang digunakan adalah behavior checklist tahapan keterampilan memasang pembalut. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis grafik berupa data mengenai skor total tiap tahapan keterampilan memasang pembalut yang ditampilkan dalam bentuk grafik untuk melihat kondisi subjek pada saat baseline I, intervensi, baseline II, dan follow up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dengan menggunakan metode simultaneous prompting terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan bantu diri pada remaja putri yang mengalami intellectual disability kategori berat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Confidence
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 10 Jul 2018 08:11
Last Modified: 10 Jul 2018 08:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item