IKLAN DAN BRAND AWARENESS LUNPIA DELIGHT (Studi Korelasional Analisis Media Iklan Brosur Lunpia Delight terhadap Brand Awareness)

SUSANTO, KARUNIA (2017) IKLAN DAN BRAND AWARENESS LUNPIA DELIGHT (Studi Korelasional Analisis Media Iklan Brosur Lunpia Delight terhadap Brand Awareness). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.23.0010 Karunia Susanto - COVER.pdf

Download (683kB)
[img] Text (BAB I)
13.23.0010 Karunia Susanto - BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
13.23.0010 Karunia Susanto - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
13.23.0010 Karunia Susanto - BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB IV)
13.23.0010 Karunia Susanto - BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text (BAB V)
13.23.0010 Karunia Susanto - BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.23.0010 Karunia Susanto - DAPUS.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.23.0010 Karunia Susanto - LAMPIRAN.pdf

Download (545kB)

Abstract

Media brosur merupakan salah satu jenis media iklan yang bertujuan untuk menginformasikan suatu produk atau merek tertentu agar konsumen sadar dan mengingat merek atau produk tersebut. Lunpia Delight merupakan salah satu merek lunpia Semarang yang menggunakan media brosur untuk menginformasikan merek dan produknya ke masyarakat. Melalui penyebaran brosur yang dilakukan berulangulang diharapkan mampu membentuk ingatan dan kesadaran merek dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara isi pesan, desain brosur, serta frekuensi media exposure dengan brand awareness Lunpia Delight pada konsumennya. Metode yang digunakan adalah metode korelasi, dimana peneliti mengumpulkan data di lapangan melalui penyebaran kuesioner yang ditunjang oleh observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah konsumen Lunpia Delight yang berjumlah 100 orang, dengan penentuan sampel berdasarkan teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan metode analisa korelasi pearson chi square melalui software SPSS for Windows 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berada pada pemahaman isi pesan yang tinggi, pemahaman desain brosur yang tinggi, dan juga frekuensi media exposure yang tergolong tinggi. Pada aspek brand awareness sebagian besar responden menjawab Lunpia Delight sebagai merek top of mind (puncak pemikiran) mereka. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara isi pesan brosur dan brand awareness Lunpia Delight. Namun pada frekuensi media exposure dan brand awareness Lunpia Delight terdapat hubungan yang signifikan, begitu juga pada desain brosur dan brand awareness Lunpia Delight. Saran praktis dalam penelitian ini adalah perlunya memperbaiki brosur baik dari segi isi pesan maupun desain brosur agar lebih informatif, sesuai dengan produk yang dijual, dan menarik dengan menampilkan ciri khas produk. Untuk saran teoritis, diharapkan adanya penelitian lanjutan dengan memperluas penelitian pada berbagai macam media iklan lainnya, serta memperdalam mengenai respon konsumen pada pengambilan keputusan pembelian produk baik dari kajian konsep perilaku konsumen maupun konsep SOR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 18 May 2018 04:35
Last Modified: 18 May 2018 04:35
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16054

Actions (login required)

View Item View Item