Soetanto, Beatrice Alodia (2017) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS KATOLIK (UNIKA) SOEGIJAPRANATA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
13.60.0068 Beatrice1 - COVER.pdf Download (866kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
13.60.0068 Beatrice1 - BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
13.60.0068 Beatrice1 - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
|
Text (BAB III)
13.60.0068 Beatrice1 - BAB III.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
13.60.0068 Beatrice1 - BAB IV.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
13.60.0068 Beatrice1 - BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI)
13.60.0068 Beatrice1 - DAPUS.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
13.60.0068 Beatrice1 - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah terdapat pengaruh diantara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Kecerdasan intelektual mahasiswa akan dinilai dari kemampuan memecahkan masalah, intelegensi verbal, dan intelegensi praktis. Kecerdasan emosional mahasiswa akan dinilai dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, dan kemampuan sosial. Perilaku belajar mahasiswa akan dinilai dari kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, dan kebiasaan menghadapi ujian. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Convenience Sampling. Jumlah kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa sebanyak 103 exemplar. Dari 103 exemplar kuesioner, terdapat 13 exemplar yang tidak dapat diolah. Jadi dalam penelitian ini data yang dapat diolah adalah sebesar 90 exemplar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan bahwa kecerdasan intelektual memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi. Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa perilaku belajar memiliki pengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 18 May 2018 04:22 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:15 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15979 |
Actions (login required)
View Item |