METODE SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDK SANG TIMUR SEMARANG

VENA KHARISMA, WENEFRIDA (2017) METODE SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDK SANG TIMUR SEMARANG. Other thesis, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma BAB VI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text
13.40.0087 Wenefrida Vena Kharisma LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode suku kata mampu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDK Sang Timur Semarang. Penelitian ni menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang siswa kelas satu SDK Sang Timur Semarang yang belum lancar membaca permulaan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -1,826 dengan p < 0,05 (0,034) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran membaca dengan metode suku kata. Skor kemampuan membaca permulaan sesudah pembelajaran lebih tinggi daripada sebelum dilakukan pembelajaran, dimana didapatkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata posttest 14,2 lebih besar dari nilai pretest 7,9. Hasil ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Apr 2018 08:14
Last Modified: 05 Nov 2020 06:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15826

Actions (login required)

View Item View Item