ANALISIS RANCANGAN BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU dan SHITSUKE) PADA LINGKUNGAN PRODUKSI DI PT.TUNAS BAHANA SPARTA CIREBON

Arvin, Lukas (2017) ANALISIS RANCANGAN BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU dan SHITSUKE) PADA LINGKUNGAN PRODUKSI DI PT.TUNAS BAHANA SPARTA CIREBON. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
12.30.0144 Lukas Arvin LAMPIRAN.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT.Tunas Bahana Sparta salah satu perusahaan karoseri yang ada di Kota Cirebon. Masalah yang dihadapai PT.Tunas Bahana Sparta seputar pabrik yaitu masih banyaknya sampah-sampah yang berserakkan pada lingkungan produksi, wadah limbah yang tidak mampu menampung sampah yang ada, peralatan yang masih berantakan, bahan baku yang masih berantakan, lingkungan produksi yang kotor. Dengan demikian digunakanlah alat analisis 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) untuk memperbaiki kondisi pabrik, 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) ini adalah sebuah alat analisis untuk memperbaiki kondisi suatu perusahaan agar lebih nyaman, rapi, dan juga meningkatkan keselamatan kerja para karyawannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mmeperbaiki kondisi lingkungan produksi PT.Tunas Bahana Sparta, selain itu penelitian ini juga memiliki manfaat yaitu memberikan rancangan perbaikan untuk PT.Tunas Bahana Sparta agar dapat lebih optimal lagi melakukan proses produksinya. Alat analisis yang digunakan yaitu 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan gambar-gambar yang menunjukkan keadaan pabrik. Pada tahap Seiri rancangan yang dibuat adalah dengan melakukan pemilahan pada peralatan-peralatan yang ada pada pabrik, pada tahap Seiton yaitu dengan melakukan penataan terhadap peralatan dan memberi rancangan rak-rak untuk penyimpanan peralatan, kemudian pada tahap Seiso yaitu memberikan rancangan jadwal pembersihan , tahap Seiketsu yaitu memberikan label-label untuk lebih memudahkan pengontrolan dan pembersihan pada PT.Tunas Bahana Sparta, yang terakhir pada tahap Shitsuke yaitu dengan membuat MMT yang berisi himbauan agar para karyawan selalu melakukan 5S di PT.Tunas Bahana Sparta. Adapun saran yang diberikan peneliti kepada perusahaan bahwa rancangan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang telah dibuat ini dapat diubah sesuai dengan kondisi terbaru dari pabrik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Labor Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Apr 2018 05:26
Last Modified: 02 Apr 2018 05:26
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15747

Actions (login required)

View Item View Item