PENERAPAN VIDEO SELF-MODELING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENGABAIKAN TUGAS DI KELAS PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD)

Andriyani, Santi (2017) PENERAPAN VIDEO SELF-MODELING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MENGABAIKAN TUGAS DI KELAS PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD). Masters thesis, Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani COVER.pdf

Download (314kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani BAB III.pdf

Download (595kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani BAB IV.pdf

Download (219kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
11.92.0025 Santi Andriyani LAMPIRAN.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah intervensi video self-modeling dapat menurunkan perilaku mengabaikan tugas di kelas pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Hipotesisnya adalah video self-modeling dapat menurunkan perilaku mengabaikan tugas di kelas pada anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pedalangan 02 Banyumanik Semarang pada tanggal 3 Desember 2015 sampai dengan tanggal 5 Maret 2016. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah satu orang. Ciri-ciri subjek pada penelitian ini adalah anak laki-laki dengan ADHD usia 7 tahun, memiliki kapasitas intelektual dalam kategori rata-rata, dan menunjukkan perilaku mengabaikan tugas yang paling menonjol diantara siswa yang lain. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yakni single case experimental design with single subject design dengan desain A-B-A Follow up. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah behavior checklist perilaku mengabaikan tugas. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan uji-t dengan p<0,01 dan hasilnya disajikan dalam bentuk grafik, hasil perubahan perilaku mengabaikan tugas yang ditunjukkan subjek dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan video self-modeling dapat menurunkan perilaku mengabaikan tugas di kelas pada anak dengan ADHD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Child Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 02 Mar 2018 03:19
Last Modified: 02 Mar 2018 03:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item