MEMBANGKITKAN KEMBALI LAGU ANAK SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI KOTA SEMARANG MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR

Widyanusi, Rizkyqa Deasy (2017) MEMBANGKITKAN KEMBALI LAGU ANAK SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI KOTA SEMARANG MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
12.13.0006 Rizkyqa Deasy Widyanusi LAMPIRAN.pdf

Download (717kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pijakan anak Indonesia dalam menciptakan individu berkualitas dengan menjunjung tinggi pendidikan karakter melalui banyak cara, salah satu pengenalannya melalui lagu anak dan cerita bergambar. Hal ini penting dilakukan mengingat kurangnya eksistensi lagu anak akibat dari gencarnya lagu pop Indonesia dewasa dan lagu barat yang saat ini juga banyak dinikmati oleh anak. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan untuk membangkitkan kembali lagu anak sebagai pengenalan pendidikan karakter melalui buku cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan melalui pustaka buku, wawancara dan observasi pada kegiatan anak yang berkaitan dengan musik lagu anak, sehingga dapat diperoleh hasil yaitu adanya kecenderungan kurangnya penguasaan terhadap lagu anak yang berakibat pada tidak sampainya pesan-pesan pendidikan karakter yang terdapat pada lagu anak. Perancangan buku cerita bergambar yang menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan karakter pada kegiatan keseharian anak serta eksistensi lagu anak sebagai salah satu media pengenalannya yang dibentuk dalam bentuk cerita keseharian anak dengan pendekatan ilustrasi, yang di dalamnya terdapat teks cerita, notasi, syair lagu anak yang sesuai pilar-pilar pendidikan karakter. Dengan media buku cerita bergambar ini, anak lebih cepat dalam menangkap cerita keseharian yang sesuai pendidikan karakter sekaligus tidak lagi mudah bosan dalam menikmati lagu anak yang tentu sesuai dengan usia dan karakter anak. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Lagu Anak, Buku Cerita Bergambar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 780 Music
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 12 Dec 2017 01:23
Last Modified: 12 Dec 2017 01:23
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15457

Actions (login required)

View Item View Item