PEMBELAJARAN BERLALU LINTAS MELALUI GAME BERBASIS VIRTUAL REALITY

Lukito, Andru Deva (2017) PEMBELAJARAN BERLALU LINTAS MELALUI GAME BERBASIS VIRTUAL REALITY. Other thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito BAB IV.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.07.0008 Andru Deva Lukito LAMPIRAN.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian anak-anak nomor tiga di dunia menurut WHO[1]. Kecelakaan lalu lintas yang menimpa anak-anak sering disebabkan oleh mereka sendiri yang melanggar regulasi yang telah diatur dalam perundang-undangan. Oleh karena itu pembelajaran tentang peraturan berlalu lintas termasuk rambu-rambu dan artinya harus di berikan kepada anak-anak sejak dini. Karena pendidikan memiliki arti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan[2]. Penelitian ini mengenai edukasi tertib belalu-lintas menggunakan game VR (Virtual Reality) sebagai medianya. Pengembangan game Virtual Reality ditujukan sebagai media pembelajaran berlalu-lintas bagi anak-anak usia 7 sampai dengan 11 tahun. Materi yang disusun berupa rambu-rambu yang berlaku dan banyak ditemui di jalan, kemudian pelanggaran tentang kelengkapan kendaraan dan pengendara bagi anak-anak usia 7 sampai dengan 11 tahun. Dalam pengembangan game “Simulasi Tertib Berlalu Lintas” berbasis Virtual Reality menggunakan SDK terbaru dengan metode input Capatitive Button. Pengujian game berbasis Virtual Reality “Simulasi Tertib Berlalu Lintas” menggunakan metode pertanyaan terbuka dan tertutup sebanyak 20 pertanyaan. Sejumlah 30 (usia 7 sampai dengan 11 tahun) responden di Kota Semarang telah melakukan Pre-test dan Post-test untuk diuji pengetahuannya akan rambu-rambu lalu-lintas dan kelengkapan berkendara. Penelitian ini meningkatkan pengetahuan anak-anak pemain game berjudul “Simulasi Tertib Berlalu Lintas” tentang rambu-rambu lalu lintas dan kelengkapan berkendara. Peningkatan pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas dan kelengkapan berkendara dapat dilihat dari meningkatnya total jumlah jawaban benar yang dibahas pada bab 4 sebesar 15%. Kata Kunci: Virtual Reality, rambu-rambu, lalu lintas, pelangaran, pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 790 Sports, games and entertainment
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 06 Dec 2017 05:44
Last Modified: 27 Apr 2022 04:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item