Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Terkomputerisasi pada Home Industry “Adijaya Bakery” dengan menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development)

Santoso, Maria Auxiliadora Sayu (2017) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Terkomputerisasi pada Home Industry “Adijaya Bakery” dengan menggunakan Metode RAD (Rapid Application Development). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso COVER.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.60.0240 Maria Auxiliadora Sayu Santoso DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Pada zaman ini teknologi informasi yang kian berkembang pesat sangat berpengaruh terhadap pekerjaan manusia. Perkembangannya seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan pemahaman dan manfaat dari penggunaan teknologi informasi pada kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi sangat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai macam pekerjaan terutama dalam hal pengaksesan informasi dan data. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem informasi berbasis komputer di dalam industrinya. Namun masih banyak pula yang belum menyadari penting dan bermanfaatnya menerapkan sistem informasi terkomputerisasi pada perusahaannya. Dalam penelitian ini, penulis menemukan permasalahan pada Home Industry “Adijaya Bakery” yang masih menerapkan pencatatan dan penyimpanan dokumen secara sederhana yang tidak jarang menimbulkan terjadinya kesalahan pencatatan, nota hilang, dan human error. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan merancang dan menerapkan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi menggunakan metode Rapid Application Development, Adijaya Bakery dapat membuat pencatatan stok dan laporan keuangan yang lebih akurat dan efisien, dan tingkat kesalahan yang disebabkan oleh human error juga semakin rendah. Basis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MySQL dengan bahasa pemrograman Visual Basic 2010. Penelitian ini menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan Flowchart sebagai acuannya. Penelitian ini menerapkan 3 tahap analisis yaitu analisis kelemahan sistem, analisis kebutuhan sistem, dan analisis perhitungan harga pokok penjualan dengan menggunakan akuntansi biaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Nov 2017 06:56
Last Modified: 28 Nov 2017 06:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15186

Actions (login required)

View Item View Item