PERLINDUNGAN HAK PASIEN DALAM PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN RESUME PASIEN PULANG STUDI KASUS DI INSTALASI RAJAWALI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG

Sugiharto, (2017) PERLINDUNGAN HAK PASIEN DALAM PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN RESUME PASIEN PULANG STUDI KASUS DI INSTALASI RAJAWALI RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Masters thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
14.C2.0011 Sugiharto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto BAB IV.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0011 Sugiharto LAMPIRAN.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Salah satu hak pasien dalam pelayanan kesehatan adalah mendapat isi atau informasi yang terkandung dalam rekam medis dalam bentuk resume pasien pulang. Survei awal di Instalasi Rajawali RSUP Dr. Kariadi didapatkan resume pasien pulang dibuat oleh asisten DPJP (dokter penanggung jawab pelayanan) dan lembar resume pasien yang diserahkan kepada pasien belum ditandatangani DPJP. Survei awal di bagian verifikator internal klaim BPJS didapatkan resume pasien pulang yang diverifikasi mengalami revisi sebanyak 65,25%. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian adalah DPJP atau asisten DPJP yang bertugas di Instalasi Rajawali RSUP Dr. Kariadi Semarang. Objek penelitian adalah pembuatan dan penggunaan resume pasien pulang. Narasumber dalam penelitian ini adalah DPJP/asisten DPJP, kepala instalasi rekam medis, PJRM (penanggung jawab rekam medis), verifikator internal dan pasien. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Pengaturan pembuatan dan penggunaan resume pasien pulang dilandaskan pada Undang-undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 tahun 2008 tentang Rekam Medis yang dituangkan dalam bentuk Kebijakan Pelayanan Rekam Medis dan SPO (standar prosedur operasional) Resume Pelayanan Pasien Rawat Inap. SPO Resume Pelayanan Pasien Rawat Inap sudah harus direvisi karena sudah berusia lebih dari tiga tahun.Tanggungjawab pembuatan rekam medis adalah DPJP. Pembuatan resume pasien pulang di Instalasi Rajawali pada umumnya dibuat oleh asisten DPJP saat pasien pulang perawatan. Isi resume pasien pulang sudah sesuai ketentuan. Dokter dalam membuat resume pasien pulang menggunakan aplikasi yang sudah terbuka oleh user id milik petugas ruang perawatan (kepala ruang, perawat, petugas administrasi). Penggunaan resume pasien pulang meliputi : untuk keperluan kontrol, arsip rekam, klaim BPJS Kesehatan, klaim asuransi lain, dan merujuk pasien. Resume pasien pulang disimpan abadi. Hak pasien belum sepenuhnya terlindungi karena 60% resume pasien pulang yang diberikan kepada pasien belum ditandatangani DPJP, hal ini tidak sesuai dengan ketentuan bahwa resume pasien pulang harus ditandatangani oleh dokter yang merawat untuk menjamin keabsahan resume pasien pulang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:55
Last Modified: 27 Nov 2017 03:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15148

Actions (login required)

View Item View Item