EKSTRAKSI ZAT BESI ORGANIK DARI KEDELAI (Glycine max L.) DAN KACANG HIJAU (Vigna radiate L.) SEBAGAI FORTIFIKAN DALAM GUAVA (Psidium guajava L.) JELLY DRINK

SETYANINGRUM, CHRISTINA HANNY (2017) EKSTRAKSI ZAT BESI ORGANIK DARI KEDELAI (Glycine max L.) DAN KACANG HIJAU (Vigna radiate L.) SEBAGAI FORTIFIKAN DALAM GUAVA (Psidium guajava L.) JELLY DRINK. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB V)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
13.70.0026 Christina Hanny Setyaningrum LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang sering dijumpai hampir di seluruh negara di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada tahun 2014 diketahui bahwa prevalensi anemia remaja putri di Indonesia sebesar 26%. Anemia terjadi ketika kadar hemoglobin dalam darah berada di bawah normal. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya jumlah zat besi di dalam tubuh, zat besi ini berperan penting dalam pembentukan darah. Wanita cenderung memiliki simpanan zat besi yang lebih rendah dibandingkan pria. Terlebih lagi dengan adanya siklus menstruasi, risiko terjadinya anemia pada wanita semakin meningkat. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi yaitu dengan fortifikasi pangan. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu melakukan fortifikasi zat besi organik ke dalam produk jelly drink sehingga dihasilkan minuman enak dan sehat. Zat besi yang digunakan merupakan zat besi non-heme yang bersumber dari kedelai dan kacang hijau. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi non-heme diperlukan konsumsi vitamin C dan sumber yang digunakan yaitu jambu biji merah yang akan diolah menjadi jelly drink. Proses ekstraksi dilakukan dengan metode maserasi pelarut etanol 30%. Ekstrak zat besi yang didapat kemudian diuji kadarnya dengan alat Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS), dan dihitung formulasi penambahannya sebesar 20% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) zat besi wanita, yaitu 18 mg per hari. Produk terpilih ditentukan berdasarkan nilai tertinggi dari hasil analisa organoleptik, yaitu guava jelly drink dengan penambahan fortifikan zat besi campuran dari kedelai dan kacang hijau. Produk kemudian diuji kandungan gizinya yang meliputi analisa kadar zat besi, vitamin C, dan proksimat. Analisa kadar zat besi dilakukan dengan metode AAS, sedangkan kadar vitamin C dengan metode iodimetri. Analisa proksimat yang dilakukan terdiri dari analisa kadar air (metode thermogravimetri), kadar abu (metode tanur), kadar lemak (metode Soxhlet), kadar protein (metode Kjeldahl) dan kadar karbohidrat (metode by difference). Jumlah kadar zat besi pada kedelai dan kacang hijau secara berturut-turut yaitu 113,86 ppm dan 58,76 ppm. Secara keseluruhan, kandungan zat gizi pada guava jelly drink dengan penambahan fortifikan zat besi campuran dari kedelai dan kacang hijau yaitu 87,47% air, 0,35% abu, 0,2% lemak, 0,31% protein, 11,67% karbohidrat, 130,48 ppm zat besi, dan 90,79 mg vitamin C.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Nutrition
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:51
Last Modified: 27 May 2022 01:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item View Item