PENGARUH SORBET BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN Spirulina platensis TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN PADA TIKUS WISTAR

ARGASAE, RAPHAEL ELHAN (2017) PENGARUH SORBET BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) DENGAN PENAMBAHAN ISOLAT PROTEIN Spirulina platensis TERHADAP PERUBAHAN KADAR GULA DARAH DAN BERAT BADAN PADA TIKUS WISTAR. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae COVER.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae BAB IV.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
12.70.0158 Raphael Elhan Argasae LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hiperglikemia merupakan kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal yang diakibatkan kurangnya insulin dalam tubuh karena rusaknya sel β-pankreas. Kondisi tersebut membutuhkan treatment atau pengobatan yang mampu merangsang kembali sel β-pankreas untuk mensekresi insulin, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan kaya akan protein. Spirulina platensis merupakan salah satu bahan pangan kaya protein dengan asam amino penyusun dan kandungan protein yang tinggi tersebut telah dimanfaatkan untuk bidang kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah pada penderita hiperglikemia. Selain Spirulina platensis, buah naga merah juga memiliki kemampuan anti-hiperglikemik karena kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian sorbet buah naga dengan penambahan isolat protein Spirulina platensis terhadap perubahan kadar gula garah dan berat badan tikus strain wistar, serta mengetahui formulasi sorbet yang terbaik dalam menurunkan kadar gula darah. Penelitian diawali dengan isolasi protein Spirulina platensis untuk mendapatkan protein murni. Isolasi protein menggunakan metode salting out dengan menggunakan garam amonium sulfat untuk proses presipitasi protein. Isolat protein yang didapat kemudian ditambahkan ke dalam sorbet buah naga merah. Sorbet dibuat dengan 3 formulasi, yaitu tanpa penambahan isolat protein Spirulina platensis, dengan penambahan isolat protein Spirulina platensis 25 mg/kg BB, dan dengan penambahan isolat protein Spirulina platensis 50 mg/kg BB. Semua formulasi sorbet kemudian dianalisis proksimat untuk mengetahui kadar air menggunakan metode termogravimetri, kadar abu menggunakan metode pengabuan kering, kadar lemak menggunakan metode Soxhlet, kadar protein menggunakan metode Kjeldahl, dan kadar karbohidrat menggunakan metode carbohydrat by difference. Hasil analisis proksimat kemudian diolah secara statistik menggunakan One Way Anova dengan uji Duncan untuk mengetahui adanya beda nyata antara formulasi sorbet. Setelah itu, pengujian pengaruh sorbet buah naga merah dengan penambahan isolat protein Spirulina platensis pada perubahan kadar gula darah secara in vivo dilakukan pada tikus strain wistar secara sonde oral yang sebelumnya sudah diinduksi streptozotocin. Tikus yang digunakan tiap perlakuan yaitu sebanyak 5 ekor dengan berat badan antara 100 – 150 gram. Perlakuan diberikan selama 28 hari dan setiap 7 hari dilakukan pengecekan kadar gula darah dan berat badan. Setelah 28 hari, didapatkan hasil bahwa semua formulasi sorbet mampu menurunkan kadar gula darah dan diiringi dengan peningkatan berat badan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Nutrition
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:48
Last Modified: 26 Aug 2021 05:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item