PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL,KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SEMARANG

Hartono, Yuli (2004) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL,KOMITMEN PROFESIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0025 Yuli Hartono COVER.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0025 Yuli Hartono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0025 Yuli Hartono BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0025 Yuli Hartono BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0025 Yuli Hartono BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0025 Yuli Hartono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Keberhasilan dan kinerja seseorang dalam suatu bidang pekerjaan banyak ditentukan oleh tingkat kompetensi, profesionalisme, dan komitmennya terhadap bidang yang ditekuninya. Pada bidang pekerjaan yang membutuhkan tingkat keahlian dan independensi tertentu seperti pada profesi akuntan publik, pada dasarnya diperlukan beberapa jenis komitmen seperti komitmen organisasional dan komitmen profesional. Beberapa penelitian terdahulu, seperti penelitian yang dilakukan oleh Aranya et al., 1982 dikutip dari Trisnaningsih dan Didik A., 2002, yang menganalisis pengaruh komitmen organisasional dan komitmen profesional terhadap kepuasan kerja para akuntan, mereka menyatakan adanya korelasi nyata secara statistik. Dengan demikian, penelitian yang menguji hubungan tingkat kepuasan kerja dalam peningkatan komitmen merupakan suatu topik yang menarik untuk diadakan penelitian lebih lanjut dan banyak kegunaannya dalam penelitian bidang akuntansi perilaku (Poznanski dan Bline, 1997 dikutip dari Trisnaningsih dan Didik A., 2002). Berdasar uraian di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Kantor Akuntan Publik Di Semarang”. Penelitian ini bermaksud untuk menguji kembali pengaruh komitmen organiasional, komitmen profesional terhadap kepuasan kerja auditor melaui motivasi sebagai variabel intervening, seperti yang pernah dilakukan oleh Trisnaningsih dan Didik A., 2002. Penelitian ini dilakukan pada 16 KAP dengan menyebar 136 kuesioner dan yang kembali hanya 66 kuesioner (respon rate 48.53%). Dari jumlah tersebut hanya 60 kuesioner yang lengkap jawabannya, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 60 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (untuk menunjukkan hubungan kausalitas antara variabel) dan analisis regresi ( untuk menguji pengaruhnya). Hasilnya ditemukan bukti bahwa terdapat korelasi antara komitmen organisasional, komitmen profesional terhadap kepuasan kerja auditor melalui motivasi sebagai variabel intervening tetapi pengaruhnya tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
> 650 Management > 658 Management > Job Satisfaction
> 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:24
Last Modified: 26 Apr 2017 07:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item