PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP NILAI MATA KULIAH MUATAN AKUNTANSI (Studi Empiris Di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

Sari, Atalanta Kamala (2004) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI TERHADAP NILAI MATA KULIAH MUATAN AKUNTANSI (Studi Empiris Di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB II)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB III)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB V)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
00.60.0005 Atalanta Kamala Sari LAMPIRAN.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara empiris dilakukan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan cara belajar mahasiswa akuntansi merupakan faktor yang mempengaruhi nilai MK akuntansi di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan emosional yang dimiliki individu, yang meliputi kemampuan mengontrol diri sendiri (self control), memiliki semangat ketekunan (zeal and persistence), kemampuan memotivasi diri sendiri (ability to motivate oneself), ketahanan menghadapi frustasi, kemampuan mengatur suasana hati (mood), dan kemampuan menunjukkan empati, harapan, serta optimisme (Goleman, 1996). Drs. Soemadi Soerjabrata, merumuskan belajar sebagai segenap rangkaian kegiatan / aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran yang sifatnya sedikit banyak permanen (Liang Gie, 1985 : 14). Yang dimaksud dengan nilai MK akuntansi di sini adalah seberapa dalam mahasiswa mampu memahami dan menelaah akuntansi secara keseluruhan dilihat dari nilai yang diperolehnya. Dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan cara belajar mahasiswa akuntansi terhadap nilai MK akuntansi digunakan analisis regresi berganda. Penelitian dilakukan kepada 73 orang mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah praktikum pemeriksaan akuntansi. Jawaban dari ke-73 orang responden itulah yang akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan dukungan terhadap hipotesis bahwa kecerdasan emosional dan cara belajar mahasiswa akuntansi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai MK akuntansi di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan cara belajar maka akan semakin tinggi pula nilai MK akuntansi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 05 May 2017 06:54
Last Modified: 05 May 2017 06:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item