ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Penelitian Pada Perusahaan Yang Listing di Bursa Efek Jakarta Periode 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2003)

VERAWATI, - (2004) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PADA PENAWARAN PERDANA DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Penelitian Pada Perusahaan Yang Listing di Bursa Efek Jakarta Periode 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2003). Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.60.0752 Verawati COVER.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.60.0752 Verawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
99.60.0752 Verawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[img] Text (BAB III)
99.60.0752 Verawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB IV)
99.60.0752 Verawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB V)
99.60.0752 Verawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.60.0752 Verawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.60.0752 Verawati LAMPIRAN.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha yang semakin meluas, perusahaanperusahaan menghadapi persaingan baik dengan perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan berusaha mendapatkan dana dari masyarakat untuk memperluas usahanya. Usaha untuk mendapatkan dana dari masyarakat perusahaan melakukan penawaran saham perdana / IPO (Initial Public Offerings). Pada saat perusahaan melakukan IPO permasalahan yang sering muncul adalah penentuan harga saham perdana. Fenomena yang masih banyak terjadi pada saat penawaran perdana adalah underpricing yaitu suatu kondisi dimana harga saham dipasar sekunder lebih besar daripada arga saham pada saat dipasar perdana. Kondisi ini sangat meru~ ba' mite~ nam disisi lain kondisi ini sangat menguntungkan bagi inves or se13a6 investor endanatkan initial return yang sagat tinggi. Terjadinya unaerpricing diduga disebabkaD oieh asimetri informasi yang menjelaskan per edaan informasi yang dimiliki pih8k:- ihak yang terlibat dalam penawaran perdana Informasi yang dimaksud adalah iDt4 rmasi prospektus dimana informasi tersebut erupakan gambaran keseluruhan dari perusahaan yang akan melaltukan IP . Didalam p~ Ictus berisi informasi . ang bersifat akuntansi maupun non-aIruntansi yang a at dijadikan variabel-variabel untuk mengamati kece 4erung terjadiny'8 ┬ĚtingRat underpricing. y . abel-variabel tersebut antara ain : Reputasi pen jam' r6nisi, Reputasi auditor, Umur perusahaan, Prose tase penawaran sMam, l:Jkurah perusahaan. perusahaan Obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusah~ yang melakukan IPO dan sahamnya mengalami underp~;cing Rada tab 1l000-2{)03, yaitu sebanyak 69 perusahaan. Alat anal isis yang digun an dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang telah memenuhi persyaratan uj i asumsi klasik. Dari analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa secara simultan dengan menggunakan uji F, semua variabel berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Sedangkan secara parsial dengan menggunakan uji t, yang berpengaruh terhadap tingkat underpricing adalah variabel reputasi penjamin emisi dan penawaran saham perdana, sedangkan yang lainnya tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 May 2017 06:48
Last Modified: 05 May 2017 06:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14077

Actions (login required)

View Item View Item