PENGARUH PEMECAHAN SAHAM DITINJAU DARI EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARE TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DI BEJ TAHUN 2000-2003

KHRESNA, FX. AGHASTIA (2005) PENGARUH PEMECAHAN SAHAM DITINJAU DARI EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARE TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DI BEJ TAHUN 2000-2003. Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB III)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.60.0715 FX Aghastia Khresna LAMPIRAN.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan perusahaan menerbitkan saham adalah untuk menambah modal dan agar kelangsungan hidup usahanya tetap bertahan. Pasar modal adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangakan efek diantara mereka. Di pasar modal perkembangan dan volume perdagangan saham menjadi aspek yang diminati oleh para pengusaha pada khususnya maupun masyarakat pada umumnya. Tingginya harga saham akan mengurangi kemampuan investor untuk membeli saham tersebut. Hukum permintaan dan penawaran kembali akan berlaku, dan sebagai konsekuensinya, harga saham yang tinggi tersebut akan menurun sampai tercipta posisi keseimbangan yang baru. Cara yang dilakukan oleh emiten untuk mempertahankan agar sahamnya tetap berada dalam rentang perdagangan yang optimal, sehingga daya beli investor meningkat terutama untuk investor kecil, yaitu dengan melakukan pemecahan saham. Informasi tentang pengumuman pemecahan saham merupakan informasi yang dipandang cukup penting bagi para investor, karena dalam informasi tersebut mengandung muatan informasi yang berkenaan dengan prospek earning perusahaan dimasa datang. Dalam penelitian ini earning adalah laba bersih perusahaan dan dividen tunai yang dibagikan kepada pemegang saham pada akhir periode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemecahan saham ditinjau dari earning per share (EPS) dan dividend per share (DPS) terhadap perubahan harga saham di BEJ Tahun 2000 – 2003. Penelitian ini menggunakan data dari 47 perusahaan yang mengumumkan pemecahan saham dan membagikan dividen tunai dari tahun 2000 – 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda, dengan sebelumnya diuji dengan model asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa variabel EPS (Earning Per Share) dan DPS (Dividend Per Share) semuanya tidak mempunyai pengaruh terhadap perubahan harga saham, karena signifikansinya kedua variabel tersebut terhadap perubahan harga saham di > 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2017 08:10
Last Modified: 04 May 2017 08:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item