EVALUASI TERHADAP RELEVANSI, RELIABILITAS, KOMPARABILITAS DAN KONSISTENSI LAPORAN KEUANGAN : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONSIA

SUBROTO, TEGUH HADI (2006) EVALUASI TERHADAP RELEVANSI, RELIABILITAS, KOMPARABILITAS DAN KONSISTENSI LAPORAN KEUANGAN : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONSIA. Other thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB II)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB III)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB IV)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB V)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
99.60.0680 Teguh Hadi Subroto LAMPIRAN.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Perusahaan publik yang terdapat di Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah, hal ini mengakibatkan semakin bertambah pula para pemakai laporan keuangan tersebut. Penelitian ini menguji apakah laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan publik telah menyajikan informasi akuntansi yang relevan, dapat dipercaya, dapat diperbandingkan dan disusun secara konsisten. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengirimkan kuesioner kepara para pemakai laporan keuangan publik yang terbagai dalam empat kelompok yaitu investor, kreditor, agen penjamin emisi dan agen penjualan efek. Para responden diminta untuk memberikan tanggapan atas relevansi, reliabilitas, komparabilitas dan konsistensi dari laporan keuangan yang digunakan dalam pembuatan keputusan. Sampel penelitian dipilih secara acak terstratifikasi berdasarkan kelompok pemakai laporan keuangan yang secara periodik menggunakan laporan keuangan perusahaan publik yang ada di Indonesia untuk pembuatan keputusan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dikirimkan melalui pos kepada 200 responden. Ada 38 jawaban responden yang dianalisis dengan menggunakan metode statistik “ Wilcoxon Signed Ranks Test “. Hasilnya bahwa laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan publik yang terdapat di Indonesia telah menyajikan informasi akuntansi yang relevan dan dan dapat dipercaya guna pengambilan keputusan, selain itu laporan keuangan tersebut dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan perusahaan lain yang sejenis. Namun laporan keuangan perusahaan publik tersebut tidak disusun secara konsisten dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Financial reports
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2017 08:01
Last Modified: 04 May 2017 08:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item