PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN INFORMASI JOB RELEVANT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Sanjaya, Niko (2005) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN INFORMASI JOB RELEVANT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0023 Niko Sanjaya COVER.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0023 Niko Sanjaya BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0023 Niko Sanjaya BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0023 Niko Sanjaya BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0023 Niko Sanjaya BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0023 Niko Sanjaya BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0023 Niko Sanjaya LAMPIRAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penyusunan anggaran dalam sebuah perusahaan akan lebih baik hasilnya bila para manajer ikut berpartisipasi. Dengan ikut berpartisipasi maka akan menimbulkan inisiatif bagi mereka untuk mengembangkan ide dan informasi, meningakatkan kebersamaan sehingga tercipta komitmen diantara para manajer yang dapat menjadi tolok ukur kinerja manajerial. Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dipengaruhi oleh komitmen organisasi, dan informasi job relevant sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian adalah para manajer pada perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Dari 120 kuesioner yang diantarkan langsung ke perusahaan responden, kuesioner yang kembali hanya 98 dan yang dapat di pergunakan dalam analisis data hanya 83, sedangkan 15 kuesioner tidak dapat di gunakan karena jawabannya tidak lengkap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirimkan langsung kepada perusahaan. Sebelum melakukan analisis data, peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap 83 responden untuk menunjukkan sejauh mana kuesioner tersebut dapat dipercaya dan diandalkan. Dari hasil uji validitas dengan bantuan SPSS tampak bahwa nilai r hitung > r tabel ( 0,216 ). Maka instrumen variabel penelitian tersebut adalah valid. Untuk uji reliabilitas yang dilakukan dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah reliabel karena nilai alpha >0,6. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi dan informasi job relevant sebagai variabel intervening dimana di peroleh bahwa pengaruh tidak langsung melalui komitmen organisasi dan informasi job relevan lebih besar dari pengaruh langsungnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukkan komitmen organisasi dan informasi job relevan dalam partisipasi penyusunan anggaran akan meningkatkan kinerja mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Budgetting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:53
Last Modified: 21 Apr 2017 07:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item View Item