PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL:PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kota Semarang)

Sugiarto, Agung (2005) PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL:PELIMPAHAN WEWENANG SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Di Kota Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0018 Agung Sugiarto COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0018 Agung Sugiarto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0018 Agung Sugiarto BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0018 Agung Sugiarto BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0018 Agung Sugiarto BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0018 Agung Sugiarto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0018 Agung Sugiarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk melihat pengaruh penerapan teknologi informasi terhadap kinerja manajerial dengan pelimpahan wewenang sebagai variabel moderating. Dewasa ini dimana iklim persaingan usaha sangat ketat, para pelaku usaha senantiasa memerlukan informasi yang tepat dan akurat. Disinilah peranan teknologi informasi yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis secara cepat dan akurat. Kondisi persaingan usaha yang semakin ketat juga memerlukan kecepatan dan ketepatan bertindak dari seluruh komponen yang ada di dalam perusahan. Untuk itulah diperlukan adanya pelimpahan wewenang dalam kegiatan operasional sehari-hari. Pelimpahan wewenang memberikan keleluasaan bagi para manajer untuk lebih cepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan, karena para manjerlah yang sebenarnya lebih mengetahui kondisi sebenarnya yang ada di lapangan. Keterkaitan antara pelimpahan wewenang dan penerapan teknologi informasi disini adalah, untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para manajer tersebut tentu dibutuhkan informasi yang akurat, relevan serta tepat waktu. Bagi seorang manajer sebuah perusahaan yang memberikan pelimpahan wewenang (desentralisasi) pada para manajernya, tentu membutuhkan informasi yang lebih besar daripada perusahaan yang menerapkan sentralisasi. Pelimpahan wewenang mengakibatkan pembuat keputusan membutuhkan informasi yang lebih untuk mendukung keputusan mereka Cara yang paling cepat dan tepat saat ini untuk memperoleh dukungan informasi yang akurat, relevan serta tepat waktu adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi. Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pengambilan keputusan, serta didukung dengan adanya pelimpahan wewenang dalam perusahaan, maka diharapkan kinerja manajerial akan dapat meningkat pula. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini adalah meliputi seluruh manajer level madya atau menengah perusahaan manufaktur skala besar yang ada di kota Semarang, Alasan mengapa manajer tingkat menengah (mid-manager) dipilih sebagai populasi di dalam penelitian ini adalah karena manajer tingkat menengah memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan operasional sehari-hari, berperan dalam pelaksanaan hasil keputusan yang telah diambil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelimpahan wewenang mempengaruhi hubungan antara teknologi informasi dengan kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:54
Last Modified: 04 May 2017 03:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item