PENERAPAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENELAIAN KINERJA PADA BANK (Studi Kasus Pada BPR BKK Karangawen Kabupaten Demak)

Triessia, - (2004) PENERAPAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI TOLAK UKUR PENELAIAN KINERJA PADA BANK (Studi Kasus Pada BPR BKK Karangawen Kabupaten Demak). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0008 Triessia COVER.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0008 Triessia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0008 Triessia BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0008 Triessia BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0008 Triessia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0008 Triessia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0008 Triessia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0008 Triessia LAMPIRAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan aspek yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan serta sebagai dasar penyusunan imbalan dalam perusahaan. Selama ini pengukuran kinerja secara tradisional hanya menitik beratkan pada posisi keuangan. Menilai kinerja perusahaan hanya dari sisi keuangan dapat menyesatkan, karena dapat mengorbankan kepentingan jangka panjang. Untuk mengatasi kekurangan ini, maka diciptakan suatu metode pendekatan yang mengukur kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan aspek keuangan dan non keuangan. Metode ini secaera umum dinamakan dengan Balanced Scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dengan 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis intrernal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Namun saat ini jarang sekali Balanced Scorecard diterapkan pada bank, dimana bank merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang layanan jasa, yang harus memberikan pelayanan yang sebaik – baiknya kepada nasabah. Karena bank bekerja dalam memberikan pelayanan jasa, maka kepuasan pelanggan atau nasabah menjadi sangat penting. Jika nasabah merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh pihak perbankan, nasabah akan menjadi loyal yaitu akan selalu setia menginvestasikan dananya dan meminta permohonan kredit kepada bank tersebut. Nasabah yang puas dan loyal akan membangun customer based yang lebih kokoh bagi perkembangan masa depan bank. Dan customer based yang kuat akan mendatangkan laba, baik dari sisi fee based income maupun dari sisi pendapatan bunga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non random sampling dengan metode convenience sampling dan metode sensus yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode pengujian instrument penelitian yang digunakan adalah pengujian validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode kuantitatif yaitu semua data dianalisis dengan menggunakan perhitungan secara matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Perspektif keuangan pada BPR BKK Karangawen mengalami kenaikan pada rasio kualitas assets dan efisiensi tetapi pada rasio permodalan, rentabilitas dan likuiditas mengalami penurunan. 2. Perspektif pelanggan pada BPR BKK Karangawen mengalami kenaikan pada customer retention, customer profitability serta nasabah tabungan dan nasabah kredit merasa puas tetapi pada customer acquisition mengalami penurunan. 3. Perspektif proses bisnis internal pada BPR BKK Karangawen mengalami kenaikan pada tingkat perputaran piutang dan waktu proses pelayanan kredit serta waktu proses pelayanan tabungan tetapi pada tingkat resiko piutang tidak tertagih mengalami penurunan. 4. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada BPR BKK Karangawen mengalami kenaikan pada tingkat pelatihan pegawai dan tingkat kepuasan pegawai tetapi pada tingkat produktifitas pegawai mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 04 May 2017 03:51
Last Modified: 04 May 2017 03:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item