PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA

Aprilia, Winda (2007) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0159 Winda Aprilia COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0159 Winda Aprilia BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0159 Winda Aprilia BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0159 Winda Aprilia BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0159 Winda Aprilia BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0159 Winda Aprilia BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0159 Winda Aprilia DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0159 Winda Aprilia LAMPIRAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Topik tersebut dipilih karena pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan salah satu bagian dari pengungkapan sukarela, dimana pengungkapan tanggung jawab sosial tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas pelaporan keuangan perusahaan dan membantu investor dalam memahami strategi bisnis perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan: size (ukuran perusahaan), profitabilitas, ukuran dewan komisaris, tingkat leverage, umur listing dan kepemilikan saham oleh publik terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Tema pengungkapan tanggung jawab sosial pada penelitian ini terbagi menjadi tujuh kategori, yaitu: lingkungan, energi, kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, lain-lain tenaga kerja, produk, keterlibatan masyarakat, dan umum. Periode pengamatan dalam penelitian ini dilakukan selama tiga tahun, yaitu dari tahun 2002 hingga tahun 2004. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 136 perusahaan yang diambil berdasarkan metode purposive sampling. Sedangkan item pengungkapan tanggung jawab sosial yang diteliti sebanyak 62 item pengungkapan, 16 item dihapuskan karena tidak ada perusahaan sampel yang mengungkapkannya. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dalam penelitian menyatakan bahwa ukuran perusahaan (size) dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Variabel independen lain, yaitu: profitabilitas, umur listing dan kepemilikan saham oleh publik ternyata tidak mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Corporate Social Responsibility
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 14:05
Last Modified: 30 Mar 2017 14:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item