PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENGANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Semarang)

TULANDE, YUNI (2007) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENGANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0085 Yuni Tulande COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0085 Yuni Tulande BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0085 Yuni Tulande BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0085 Yuni Tulande BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0085 Yuni Tulande BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0085 Yuni Tulande BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0085 Yuni Tulande DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0085 Yuni Tulande LAMPIRAN.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Anggaran merupakan elemen sistem pengendalian manajemen yang berfungsi sebagai alat perencanaan dan pengendalian agar manajer dapat melaksanakan kegiatan organisasi secara lebih efektif dan efisien. Beberapa peneliti sebelumnya mengidentifikasi hasil yang saling bertentangan mengenai hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran, sebagian peneliti menyatakan bahwa dengan partisipasi bawahan dalam proses penyusunan anggaran akan mengurangi kecenderungan untuk menciptakan senjangan anggaran. Sedangkan penelitian lain menyebutkan bukti empiris bahwa partisipasi anggran justru menyebabkan manajer yang berpartisipasi dalam penyusunan anggaran cenderung untuk melakukan senjangan anggaran. Pendekatan kontijensi dalam penelitian ini memasukkan variabel moderating gaya kepemimpinan dalam menguji efektivitas hubungan partisipasi dengan senjangan anggaran, karena efektivitas partisipasi sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan manajemen. Data yang digunakan untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang di sebar pada perusahaan manufaktur berskala besar yang terdaftar di BPS dengan total kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini sebanyak 58 kuesioner dengan bantuan program SPSS dan pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima, karena partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran yaitu semakin tinggi partisipasi anggaran maka senjangan anggaran juga semakin meningkat. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima, karena penelitian ini berhasil membuktikan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:50
Last Modified: 30 Mar 2017 13:50
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item