Pengaruh Komitmen Organisasi dan Pelimpahan Wewenang dalam Hubungan Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajerial : Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang

KRISTIANI W., ANGELA (2006) Pengaruh Komitmen Organisasi dan Pelimpahan Wewenang dalam Hubungan Antara Partisipasi Penyusunan Anggaran dan Kinerja Manajerial : Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Semarang. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0078 Angela Kristiani W COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0078 Angela Kristiani W BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0078 Angela Kristiani W BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0078 Angela Kristiani W BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0078 Angela Kristiani W BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0078 Angela Kristiani W BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
02.60.0078 Angela Kristiani W DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0078 Angela Kristiani W LAMPIRAN.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh komitmen organisasi dan pelimpahan wewenang terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Hasil penelitian sebelumnya mengenai hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial menunjukkan ketidakkonsistenan. Untuk memahaminya diperlukan pendekatan kontijensi. Pendekatan ini merupakan gagasan bahwa hubungan tersebut diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor atau variabel yang bersifat kondisional, salah satunya adalah variabel moderating. Dalam penelitian ini diteliti komitmen organisasi dan pelimpahan wewenang (sebagai variabel moderating) terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran (sebagai variabel independent) dengan kinerja manajerial (sebagai variabel dependen). Untuk menguji hubungan tersebut digunakan kuesioner yang dikirimkan pada para manajer perusahaan manufaktur yang ada di Semarang. Kuesioner dan data yang terkumpul dilakukan uji reliabilitas dan uji validitas. Setelah itu,digunakan uji t dan uji f untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan pelimpahan wewenang terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Hasil uji menunjukkan: (1) Partisipasi anggaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) Komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial, (3) Pelimpahan wewenang berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:03
Last Modified: 30 Mar 2017 08:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item