PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI PEMAKAIPENGEMBANG, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Semarang)

SANTOSO, CARNELIA (2005) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI PEMAKAIPENGEMBANG, KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM, PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0017 Carnelia Santoso COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0017 Carnelia Santoso BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0017 Carnelia Santoso BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0017 Carnelia Santoso BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0017 Carnelia Santoso BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0017 Carnelia Santoso BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini sekali lagi menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh pada kepuasan pemakai dan apakah dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai memoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi seperti yang dilakukan oleh Elfreda Aplonia Lau dan Imam Gozali (2003). Alasan peneliti melakukan penelitian ini adalah bahwa dengan menguji lima variabel ini akan lebih dapat diketahui dampak masingmasing variabel (dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai). Penelitian ini menggunakan data dari para manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer sumber daya manusia atau administrasi dan manajer pemrosesan data yang berperan penting dalam pengambilan keputusan khususnya pengembangan sistem informasi pada 25 perusahaan manufaktur berskala besar yang ada di Semarang. Data tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang dibagikan pada 25 perusahaan manufaktur berskala besar yang ada di semarang dengan jumlah responden sebesar 60 responden. Responden dalam penelitian ini adalah para manajer selain manajer EDP/SI yaitu manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer sumber daya manusia atau administrasi dan manajer pemrosesan data. Metode yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah regresi linier (Linier Regression) untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi sedangkan untuk menguji lima variabel yaitu dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai pemoderasi pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated Regression Analysis). Hasilnya ditemukan bahwa partisipasi pemakai dalam pengembangan sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai sedangkan pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai yang dimoderasi variabel dukungan manajemen puncak, komunikasi pemakai-pengembang, kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai sebagai quasi moderator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:58
Last Modified: 30 Mar 2017 07:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item View Item