PELAKSANAAN PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) PADA ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK MEMENUHI HAK ASASI ANAK DALAM MEMPEROLEH PERLINDUNGAN PENYAKIT CAMPAK DI WILAYAH PUSKESMAS TEGAL BARAT KOTA TEGAL

Susanti, Susi (2016) PELAKSANAAN PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) PADA ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK MEMENUHI HAK ASASI ANAK DALAM MEMPEROLEH PERLINDUNGAN PENYAKIT CAMPAK DI WILAYAH PUSKESMAS TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti COVER.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
14.C2.0023 Susi Susanti BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti BAB IV.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.C2.0023 Susi Susanti LAMPIRAN.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Imunisasi campak merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit campak pada anak karena termasuk penyakit menular. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit campak adalah Imunisasi lanjutan yang diberikan pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah yang selanjutnya disebut BIAS. BIAS dilaksanakan diseluruh SD/MI/SLB negeri dan Swasta dan dilaksanakan pada bulan tertentu dengan sasaran semua anak kelas 1,2 dan 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peraturan program BIAS pada anak sekolah dasar, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program BIAS sesuai dengan hak asasi anak, untuk mengetahui hambatan yang dialami dan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan program BIAS pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian yang dipilih adalah penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara dengan narasumber yaitu Kepala seksi pencegahan, penanggulangan penyakit dan penyehatan lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Kota Tegal, Kepala Puskesmas Tegal Barat dan seksi imunisasi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal, Kepala Kementrian Agama Kota Tegal dan dengan responden orangtua dan anak yang sakit campak, orangtua dan anak yang sehat, kepala sekolah dasar. Data sekunder diperoleh dari penelaahan pustaka dari berbagai literatur. Hasil penelitian peraturan dalam pelaksanaan program BIAS sudah ada dan sudah dilaksanakan oleh DINKES Kota Tegal dan Puskesmas wilayah Tegal Barat. Pelaksanaan program BIAS sudah cukup baik yaitu dengan hasil cakupan BIAS campak 99,3%, namun kasus campak masih tinggi yaitu 23 kasus, karena hasil cakupan imunisasi booster campak yang diberikan pada usia 18 bulan sampai 3 tahun masih sangat rendah yaitu hanya 195 anak yang diimunisasi dari 1.392 anak. Dan pada pelaksanaan BIAS Campak masih ada beberapa anak yang menolak diimunisasi, dengan ini hak anak dalam mendapat perlindungan penyakit menular belum terpenuhi. Kata kunci : BIAS, Perlindungan Anak, Hak anak Kepustakaan : literatur (1988-2016)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 350 Public administration & military science > Government Policy
> 610 Medicine and health > Healthy > Prevention of Disease
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:57
Last Modified: 30 Mar 2017 07:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item