PELAKSANAN PENGAWASAN DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA SWASTA (PPTKIS) TERHADAP PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA KELUAR NEGERI (STUDI KASUS DI PT. MITRA SINERGI SUKSES KANTOR CABANG KOTA SEMARANG)

Oktavianus, Petrus Yandri (2016) PELAKSANAN PENGAWASAN DAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANA PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA SWASTA (PPTKIS) TERHADAP PENEMPATAN TENAGA KERJA INDONESIA KELUAR NEGERI (STUDI KASUS DI PT. MITRA SINERGI SUKSES KANTOR CABANG KOTA SEMARANG). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus COVER.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.20.0043 Petrus Yandri Oktavianus LAMPIRAN.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Semua warga negara Indonesia diharapkan memiliki pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini sesuai dengan Pasal 27 ayat (2) bahwa “tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Salah satu caranya melalui pengiriman warga negara Indonesia untuk bekerja diluar negeri. Pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia (PPTKIS) adalah badan hukum yang telah memperoleh izin tertulis dari pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan penempatan tenaga kerja Indonesia keluar negeri. Penulisan skripsi yang berjudul “ Pelaksanan Pengawasan dan Tanggung Jawab Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (PPTKIS) Terhadap Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Keluar Negeri” (Studi Kasus di PT.Mitra Sinergi Sukses Kantor Cabang Kota Semarang)” bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaturan dan proses perekrutan; untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengawasan dan tanggung jawab pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta(PPTKIS) terhadap penempatan tenaga kerja Indonesia dan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung dari pengawasan dan tanggung jawab pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta(PPTKIS) terhadap penempatan tenaga kerja Indonesia keluar negeri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan wawancara Penulis memamparkan hasil penelitian dengan deskritif analitis. Objek Penelitan dalam penelitian ini adalah pengawasan dan tanggung jawab pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) terhadap penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) keluar negeri. Dari ketiga rumusan masalah dapat ditarik kesimpulan yaitu pengawasan dan tanggung jawab PT. Mitra Sinergi Sukses telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hanya saja didalam pelaksana pengawasan dan tanggung jawab pada masa penempatan dan masa purna penempatan masih kurang efektif dilakukan karena dilakukan oleh pihak mitra usaha dari PT. Mitra Sinergi Sukses. Kata Kunci: Pengawasan, Tanggung Jawab, Tenaga Kerja Indonesia, Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), PT. Mitra Sinergi Sukses.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, social, education & cultural law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:53
Last Modified: 23 Nov 2022 05:59
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item