PENENTUAN STRATEGI UNTUK KEBERLANJUTAN BISNIS PADA RACHEL BAKERY AND COOKIES

Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra (2016) PENENTUAN STRATEGI UNTUK KEBERLANJUTAN BISNIS PADA RACHEL BAKERY AND COOKIES. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra BAB IV.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra BAB V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.30.0039 Njiauw, Rachel Oktaviani Chandra LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri makanan khususnya industri bakery memang menjamur di Indonesia. Persaingan yang semakin ketat membuat Rachel Bakery and Cookies harus berpikir keras untuk bisa bertahan menghadapi pasar dengan menggunakan strategi yang tepat. Perumusan masalah penelitian ini adalah startegi apakah yang bisa diterapkan pada Rachel Bakery and Cookies. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang tepat untuk Rachel Bakery and Cookies sehingga bisa menghadapi persaingan yang semakin ketat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kewirausahaan, manajemen strategi, alat analisis strategik, matriks EFE, matriks IFE, matriks IE, jenis-jenis strategi alternatif, analisis SWOT, dan matriks QSPM. Objek dan lokasi penelitian ini yaitu home industry Rachel Bakery and Cookies yang ada di Jalan Taman Suryo Kusumo 1 no 1, Tlogosari Semarang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari pemilik, kepala pemasaran, kepala operasional, dan konsumen sebanyak 10 orang. Dari responden tersebut akan diambil sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yangd diperoleh langsung dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner. Dari hasil penghitungan matriks IFE dan matriks EFE diketahui posisi matriks IE Rachel Bakery and Cookies berada pada sel V (hold and maintain) yaitu pada posisi menjaga dan mempertahankan. Strategi yang tepat yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Dari hasil analisis SWOT akan menghasilkan strategi alternatif sebagai berikut : strategi SO yaitu memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran yang lebih luas lagi dan mengembangkan produk, strategi WO yaitu melakukan sitem Pre-Order dengan memanfaaatkan media online, strategi ST yaitu memberikan potongan harga kepada konsumen, dan strategi WT yaitu mencari pemasok bahan baku lain. Dari kelima strategi alternatif yang dihasilkan dari analisis SWOT, akan dipilih satu strategi terbaik yang sesuai untuk Rachel Bakery and Cookies dengan menggunakan matriks QSPM. Dari hasil matriks QSPM, strategi yang terbaik yaitu mengembangkan produk. Kata kunci : matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, analisis SWOT, matriks QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance > Business plan
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Ignatius Eko Budi Setiono
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:42
Last Modified: 22 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13369

Actions (login required)

View Item View Item