HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN KINERJA MANAJERIAL MENURUT BENTUK PERUSAHAAN DAN SKALA PERUSAHAAN

Eriyawan, Arista Febri (2005) HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNIK-TEKNIK AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN KINERJA MANAJERIAL MENURUT BENTUK PERUSAHAAN DAN SKALA PERUSAHAAN. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0191 Arista Febri Eriyawan DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Informasi akuntansi manajemen yang tepat sangat penting artinya bagi perusahaan, karena dari informasi akuntansi tersebut akan menentukan langkah selanjutnya bagi perusahaan. Informasi akuntansi manajemen dibutuhkan oleh manager untuk dapat mengambil keputusan yang tepat bagi perusahaan. Salah satu cara bagi manajer untuk dapat menghasilkan informasi akuntansi manajemen yang tepat adalah dengan menggunakan teknik-teknik akuntansi manajemen. Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah penggunaan teknik akuntansi manajemen berhubungan dengan kinerja manajerial baik menurut bentuk maupun skala perusahaan. Penelitian ini menggunakan data primer. Data primer tersebut diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada para midle manager perusahaan manufaktur yang terdapat di wilayah Kabupaten Semarang. Data perusahaan manufaktur diperoleh dari Biro pusat Statistik (BPS). Pengelompokan perusahaan menurut skala perusahaan mengacu pada aturan yang telah ditetapkan oleh Biro Pusat Statistik, dimana pengelompokan tersebut didasarkan pada jumlah tenaga kerja. Sedangkan pengelompokan berdasarkan bentuk perusahaan didasarkan pada bentuk hukum perusahaan tersebut. Dari kuesioner yang telah dibagikan, hanya terdapat 32 kuesioner yang kembali, kuesioner tersebut berasal dari 13 perusahaan manufaktur dengan berbagai benuk, skala dan bidang usaha. Data primer tersebut akan dianalisis menggunakan analisis korelasi. Hasilnya ditemukan bahwa penggunaan teknik akuntansi manajemen berhubungan dengan kinerja manajerial pada bentuk perusahaan non Perseroan Terbatas (non PT) dan pada perusahaan manufaktur berskala menengah. Kesimpulan tersebut didukung dengan bukti adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan teknik akuntansi manajemen menurut bentuk perusahaan non Perseroan Terbatas dan perusahaan berskala menengah terhadap kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:36
Last Modified: 30 Mar 2017 07:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item