PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Lucky C.J.M., Veronika (2005) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M COVER.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
01.60.0141 Veronika Lucky C.J.M LAMPIRAN.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja manajerial melalui masing-masing karakteristik sistem akuntansi manajemen. Informasi akuntansi manajemen semakin handal apabila mengacu pada semakin tingginya tingkat ketersediaan informasi yang dikategorikan dalam empat karakteristik sistem akuntansi manajemen yaitu broad scope, timeliness, aggregation, dan integration (Chenhall dan Moris, 1986). Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer tingkat menengah (middle manager) dari perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang yang terdaftar di Direktori Industri Biro Pusat Statistik tahun 2002. Teknik sampling yang digunakan adalah pemilihan sampling bertujuan (purposive sampling). Responden dalam penelitian ini berjumlah 62 responden, dari jumlah tersebut 5 responden diantaranya tidak sesuai dengan kriteria responden. Analisis regresi dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda (multiple regretion) dengan SPSS (Statistical Package Form Social Science). Hasil penelitian mendukung hipotesis adanya pengaruh yang menunjukkan bahwa teknologi informasi berpengaruh secara positif tidak langsung terhadap kinerja manajerial melalui masing-masing karakteristik sistem akuntansi manajemen (broad scope, timeliness, aggregation, integration). Dengan demikian, semakin tinggi penerapan teknologi informasi dalam suatu perusahaan maka ketersediaan karakteristik sistem akuntansi manajemen (broad scope, timeliness, aggregation, integration) semakin meningkat. Hal ini akan memberikan semakin banyak alternatif solusi yang dapat dipertimbangkn oleh manajer dalam pengambilan keputusan sehingga pada akhirnya meningkatkan kinerja manajerial dan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:24
Last Modified: 30 Mar 2017 07:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13323

Actions (login required)

View Item View Item