ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RISIKO SISTEMATIS (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia : Pada Perusahaan Manufaktur)

Wongawati, Lorensia (2010) ANALISIS PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP RISIKO SISTEMATIS (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia : Pada Perusahaan Manufaktur). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0106 Lorensia Wongawati COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0106 Lorensia Wongawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0106 Lorensia Wongawati BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0106 Lorensia Wongawati BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0106 Lorensia Wongawati BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0106 Lorensia Wongawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0106 Lorensia Wongawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi risiko sistematis sebelum dan selama krisis moneter, dilakukan melalui rasio pasar yang diukur dengan Price To Book Value (PBV) karena rasio ini banyak dipergunakan dalam pengambilan keputusan investasi. Nilai buku dihitung sebagai hasil bagi dari ekuitas pemegang saham dengan jumlah saham yang beredar. Rasio ini juga menggambarkan seberapa jauh suatu perusahaan mampu menciptakan nilai perusahaan relatif terhadap jumlah modal yang diinvestasikan. Semakin tinggi rasio tersebut semakin berhasil perusahaan menciptakan nilai bagi pemegang saham (Anis, 2004). Tahun pengamatan yang akan digunakan pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2007. Penggunaan variabel fundamental meliputi : Return On Investment (ROI), Debt Ratio (DR), Price To Book Value (PBV), Current Ratio (CR), Total Asset Turn Over (TATO) dan Asset Growth. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Return On Investment (ROI) berpengaruh terhadap risiko sistematis? (2) Apakah Debt Ratio (DR) berpengaruh terhadap risiko sistematis? (3) Apakah Price to Book Value (PBV) berpengaruh terhadap risiko sistematis? (4) Apakah Current Ratio (CR) berpengaruh terhadap risiko sistematis? (5) Apakah Total Asset Turn Over (TATO) berpengaruh terhadap risiko sistematis ? (6) Apakah Asset Growth berpengaruh terhadap risiko sistematis? Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan yang terdaftar di BEJ selama periode pengamatan. Sedangkan sampel yang digunakan untuk mengevaluasi pengaruh faktor fundamental terhadap risiko sistematis adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada kurun waktu 2003 – 2007. Penentuan sampel dilakukan secara Purposive Sampling, Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang menganalisis faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi risiko sistematis (beta) saham perusahaan khususnya perusahaan manufaktur dengan periode 2003-2007. Variabel-variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : return on investment, debt ratio, price to book value, asset growth, current ratio dan total asset turn over. Pengujian statistik yang dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa tidak semua variabel memberikan nilai signifikan. Variabel TATO merupaksan satu-satunya variabel yang berpengaruh positif signifikan terhadap beta saham, sedangkan variabel DR dan CR berpengaruh negatif signifikan. Sementara variabel ROI, PBV dan AG berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap risiko saham perusahaan (beta). Berdasarkan hasil regresi berganda diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,489 yang berarti sebesar 48,9% variabel dependent (beta) dapat dijelaskan oleh seluruh variabel independen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:18
Last Modified: 30 Mar 2017 07:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item