PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP INTENSITAS PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KOTA SEMARANG (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan di Kota Semarang)

Elisabeth, Yona (2005) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP INTENSITAS PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KOTA SEMARANG (Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan di Kota Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.60.0062 Yona Elisabeth COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
01.60.0062 Yona Elisabeth BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB II)
01.60.0062 Yona Elisabeth BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB III)
01.60.0062 Yona Elisabeth BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB IV)
01.60.0062 Yona Elisabeth BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB V)
01.60.0062 Yona Elisabeth BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
01.60.0062 Yona Elisabeth DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Budaya organisasi bersumber dari beberapa orang. Orang tersebut akan mengembangkan strategi sesuai lingkungan bisnis yang dikelolanya, yang pada akhirnya akan menjadi budaya pada perusahaan tersebut. Pendiri perusahaan akan menjadikan hal tersebut sebagai gaya kepemimpinan dalam perusahaan tersebut, atau mencari seorang manajer yang akan memelihara filosofi pendiri dan mempertemukan nilai-nilai utama perusahaan dengan gaya kepemimpinannya. Dari pernyataan tersebut penulis tertarik mengambil judul skripsi “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Perusahaan Terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Semarang (Studi Empiris Pada Perusahaan- Perusahaan di Semarang).” Berdasarkan hasil pengujian statistik dengan SPSS didapatkan angka thitung antara Budaya Perusahaan (X1) terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen (Y) sebesar 2,325 > t-tabel sebesar 1,9890; sehingga secara parsial terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara X1 terhadap Y. Angka thitung antara Gaya Kepemimpinan (X2) terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen (Y) sebesar 2,098 > t-tabel sebesar 1,9890; sehingga secara parsial (individu) terdapat pengaruh secara signifikan dan positif antara X2 terhadap Y. Angka t-hitung antara Interaksi Budaya dan Gaya Kepemimpinan terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen (Y) sebesar –(1,225) < t-tabel sebesar – (1,9890); sehingga secara parsial (individu) terdapat tidak ada pengaruh terhadap Y. Sedangkan angka F hitung antara budaya perusahaan (X1), gaya kepemimpinan (X2), dan interaksi budaya & gaya kepemimpinan terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen (Y) sebesar 30,499 > F tabel (3,11), artinya variabel X1, X2, dan X3 secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap (Y). Angka koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,510. Hal ini berarti bahwa variabel X1, X2 serta interaksi memiliki konstribusi sebesar 51,10% dalam menerangkan Intensitas Peran Akuntansi Manajemen. Dan sisanya 48,90% dijelaskan oleh sebab lain di luar variabel yang diteliti, seperti : iklim organisasi, upah, motivasi kerja karyawan dan faktor-faktor lainnya. Saran dalam penelitian ini antara lain : pihak pimpinan perusahaan hendaknya lebih meningkatkan kesejahteraan karyawan yang sesuai dengan prestasi kerja yang telah diberikan karyawan kepada perusahaan, adanya kepedulian pada pekerjaan, kompetensi pekerjaan yang baik, memberikan ide (masukan) dalam memecahkan masalah kerja, adanya transparansi pada para pegawai, pekerjaan dilakukan dengan serius dan bekerja sesuai dengan prosedur. Dan gaya kepemimpinan yang baik perlu diterapkan suatu perusahaan agar intensitas peran akuntansi manajemen juga berjalan dengan baik. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin tersebut antara lain : sifat kepemimpinan yang baik, bertanggung jawab, mementingkan kepentingan bersama, pemimpin dapat membagi tugas kepada karyawan secara adil, serta pimpinan bersikap bijak dalam setiap pengambilan keputusannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:02
Last Modified: 30 Mar 2017 07:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

View Item View Item