ANALISIS COST, VOLUME, PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Pada CV. Wira Satriya Semarang)

HANDAYANI, MEI HARTATI TRI (2000) ANALISIS COST, VOLUME, PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA (Studi Kasus Pada CV. Wira Satriya Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB II)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
94.60.0170 Mei Hartati Tri Handayani LAMPIRAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Tujuan perusahaan seeara umum adalah mencapai laba dengan menggunakan sumber daya yang dimilikinya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kemarnpuan manajemen dalam mengelola perusahaan. Hal ini berkaitan dengan penganggaran perusahaan. Penganggaran perusahaan merupakan suatu reneana yang terkoordinasi, menyeluruh dan dinyatakan dalam satuan umg, mengenai kegiatan operasi dan penggunaan sumber-sumber daya perusahaan uotuk suatu periode tertentu di masa mendatang . Oleh karena itu kclancaran atau keberhasilan 8uatu perusahaan akan sangat tergantung pada kemampuan manajemen dalam membuat rencana kegiatan di masa yang akan datang, baik dolam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dengan adanya penganggaran yang baik maka akan memudahkan tugas manajemen dalam mencapai tujuan gf{Usahaan, yaitu mencapai laba yang diinginkan dengan rnenggunakan sumber? 'an!4imilikinya. Untuk mencapai laba yang besar, balk dolam peren~1!l!l1 realisa.iny~]jiji . -langkah yang dapat dilak. kan antara lain: mene iaya pro"duksi maupun biaya _ i serendah mungkin dengan mempertahank ga jual dan Jolume penjualan yang a, menentukan harga juaJ sedemikian ru l sesuai dengait laba y an dikehend " meningkatkan vo)wne penJ.u ol an se b a'r muoo':kr;n""" - _ r'" ~lketiga/langkah t~!l!. tidak dap ailaku cara terpisah-pisah .tau Sendin-sendiri~'k arena k~ (biaya, har ju_ol volume produJcsi) mempuny 'lubung yang erat d sali~ berkaitan. Pe ij1uuh p bahan sIIoh III fala terSebut thad. l!ba yang akan dicapai tidak n ~ dol sulllu program anggaran karena an8l!1ran biasanya hanya meren~an laba untuk ~ ting!<ai:(egilllln, Oleh karen .~ sebaiknya dolam penyusun"an anggaran lli_ CIe!Igan target laba yan mgm d at perusahaan, yang dati target)lia te:sebuf dapat d~an. kinerj~ peru~ffln. . . Pen an targe ' laba \Ii1 m"P'~hi ke~ijp yang akan dlambil perusahaan mOlJlleoa( penen'luan'besamya IJiaya, barga ju (ja1i volume prnduksi, yang ketiganya mencakup seluruh kegtatan ~asional perpsaliaan. Karena itu penentuan target laba sangatla!i ~,:!,Wg~da\am penyusunan angg""an perusahaan. CV. W"a Salriy ~~ - ru aan yang memiliki peralatan percetakan yang eukup maju _ !iemen perusahaan yang didukung oleh karyawan yang rata-rata menguasai peralatan dan teknoJogi percetakan. secara intern dapat diarahkan untuk mencapai efisiensi. Selain faktor intern perusahaan, faktortaktor ekstern seperti pesaing, harga bahan baku dan transportasi juga betjleran dolam menunjang lerwujudnya efisiensi perusahaan. Besar kecilnya biaya yang terjadi daJam suatu proses kegiatan produksi dapat dipengaruhi oJeh beberapa hal, antara lain : volume produk yang diproduksi, tingkat harga bahan baku dan baban penolong, dan biaya yang tidak terduga. Masalah yang dihadapi perusahaan adolab pcrolehan laba yang tidak menentu, sementara perusahaan belum memiliki sistem pengendalian manajemen yang memadai. Siklus penganggaran, pelaksanaan, dan evoluasi belum dilakukan, dengan kata lain manajcmen tidak: mempunyai alat untuk mengendalikan dan mengevaluasi jaJannya perusahaan. Berapa target laba yang ingin dicapai perusahaan belurn ditentukan dan disusun dalam bentuk anggaran. Untuk dapat meningkatkan laba, efisiensi sangatlah penting karena dilakukan dengan tujuan untuk mencapai hasil~ produktivitas dan perfonnance yang lebib tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu yang digunakan. Dalam menentukan jumlah produksi dan penjuaJan dengan perkiraan tanpa memperhitungkan berapa laba atau rugi yang akan diterima dari penjualan tersebut akan mempengaruhi hasil dan produktivitas perusahaan karena hasil yang diterirna tidak akan seimbang dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan menggunakan analisis cost, volume, profit diharapkan dapat membantu pimpinan perusahaan dalarn mengambil keputusan mengenai jumlah penjualan yang harus dicapai perusahaan pada tingkat laba yang ditargetkan terscbut. DaJam penelitian ini penulis mengarnbil judul "Analisis Cost, Volume, Profit untuk Perencanaan Laba (Studi Kasus pada CY. Wira Satriya Semarang)", untuk mengetahui target laba yang perlu ditatapkan oleh perusahaan dan jumlah penjualan yang harus dicapai pada tingkat ditargetkan tersebut. Data yang digunakan ini adaJah data sekunder, yaitu data yang merupakan oleh atau data yang diperoleh secara ini terdiri dati laporan rugi-Iah., Dial" 1'9'" Selain analisa yang cost, baik salah method), tersebut~ d~:~~~ui biaya semi berkaitan dengan untuk 1f~l!'peroleh informasi atau diperoleh, seperti aspek-aspek (i ~~~!~t~v:o:l~u myae itup enajnuaalilasins dan biaya variabel kua,df '1f 'terl:ecil (least square bx. Dengan metode ~OJ:y;1>el untuk masing-masing Selain ~·~tul ~~jan~~g terkeeil untuk h DaJarn dilakukan tahap-tahap sebagai dengan metode kuadrat berikut : menggolongkan biaya menurut perilaku biaya daJarn hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, mernisahkan biaya semi variabel ke daJarn biaya tctap dan biaya variabel untuk mengetahui kapasitas biaya tetap dan biaya vanaOO!, memproyeksikan biaya-biaya untuk tahun 2000, memproyeksikan penjualan untuk tahun 2000, melakukan trend penjualan untuk tahun 2000 dan menganalisis hasil perhitungan. Biaya-biaya perusahaan digolongkan berdasarkan perilaku biaya dalarn hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, yaitu biaya tetap, biaya variahel dan biaya semi variabe1. Da1am memisahkan biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan biaya variahel digunakan metode kuadrat terke<:il (least square method) sehingga diperoleh kapasitas biaya tetap dan biaya variabel untuk masing-masing biaya semi variabel. Dari hasil proyeksi biaya tabun 2000 dan besamya laba tabun sebelumnya, maka dapat diperoleh jumlah penjualan yang harns dicapai perusabaan, yaitu sebesar 782.406 unit atau sebesar Rp. 1.615.087.018,00, sedangkan berdasarkan trend penjualan sebesar 743.758 unit dengan biaya-biaya sebesar Rp 962.220.362,40 akan mengbasilkan lab. sebesar Rp 569.921.117,60 yang nilainy. ber.da di bawah tahun sebelumnya, sehingga perusahaan perlu melakukan strategi-strategi pemasaran untuk meningkatkan lab. tahun yang akan d.tang. Dari hasil penelitian tersebut beberapa saran yang dapat diberikan kepada perusahaan antara lain, agar laba yang diperoleh perusahaan semakin meningkat. maka perusahaan perlu merencanakan jumlah laba yang ingin dicapai agar perusahaan dapat menentukan besarnya biaya dan penjualan untuk periode berikutnya, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinelja perusahaan dalarn mewujudkannya. Untuk dapat merencanakan laba yang opti - maka perusahaan perlu mempertimbangkan untuk rnenggunakan analisis biay ..,91u ~ba (cost-volume-profit analysis) dalam menentukan target la'. -liliigg~d ap.t ilite R - la jumlah penjualan yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 06:13
Last Modified: 30 Mar 2017 06:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item View Item