EVALUASI PENENTUAN TARID HOTEL BERDASARKAN METODE COST PLUS (Studi Kasus Pada Hotel Santika Semarang)

GUNADI, AGUS (2002) EVALUASI PENENTUAN TARID HOTEL BERDASARKAN METODE COST PLUS (Studi Kasus Pada Hotel Santika Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
93.60.0098 Agus Gunadi COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
93.60.0098 Agus Gunadi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
93.60.0098 Agus Gunadi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB III)
93.60.0098 Agus Gunadi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
93.60.0098 Agus Gunadi BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
93.60.0098 Agus Gunadi BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
93.60.0098 Agus Gunadi DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha dewasa ini, di mana persaingan antar badan usaha yang sejenis beIjaiari sangat ketat. Oleh karena itu, setiap badan usaha selalu berhadapan dengan berbagai masalah yang menjadi hambatan dan rintangan dalam perkembangannya. Untuk itu setiap pemirnpin perusahaan dituntut mempunyai keahlian dan ketrampilan serta keuletan di dalam pengendalian dan pengelolaan perusahaan agar berkembang dengan baik dan mampu mengatasi tantangan yang ada di dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak lepas dalam pengambilan keputusan untuk menentukan harga jualnya. Pengambilan keputusan tentang harga jual inap seringkali rurnit dan sukar untuk menentukannya karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi, di . taranya faktor dari dalam; antara lain biaya operasional, laba yang diinginkan . ~uan perusahaan, sedangkan faktor dari luar, antara lain ketatnYj;pers-lfingan; luas paslft, · 'fat produk. Evaluasi penentuan tarif dengan metode cost plus inI~" bandingkan tarif yang sudah ada dengan tarif Gftilari pene\iti dan data yang dig® an adalah data primer dan sekunder, yai (lengan bertem angsung, dengan peJ,!~at setempat (manager personalia dan m ager accotinting), sedang data !<under wp'eroieh dari ne~aca tabun 199~ dan l~pranlVI.J tahun.1999. A~pun metode-pengumpulannya ywtu dokurnentasl <la wawancara. Anallsa y digunakan adaJah analis data kuantitatif (perhitung engan etode co t plus), dari analisa da\;a kualita', (hasil perhitungan dengan m tode-co plus di analis . ke ~ bali). Metoder oSf plys adalah metode penentuan han a Jual d,!:ngan cara JTIenaml:ia n laba ya dlh kan dl atas biaya penuh yan an dat~g. Pengertian pe ahaan j a, a alah organisasi yang mengha'silkan s tu jasa dan bukan barang ya g berwujud, misalnya perusahaan palin'K, bank, hotel. Hampir semua organisas non profi afau b!lk<m, untuk keuntungan ada! ' industri jasa misalnya rurnah smt erpustakaan, seIt@lahan an mUSlUm. Pengertian akuntans' manajemen adalali"""Rro5e identifika,si pengukuran, pengurnpulan analisa, peny n dan kOl!1unikasi informasi( mansial yang digunakan untuk manajemen pere canaap, eval uasi penge{lda!ian lam organisasi, serta untuk menjamin ketepat peng aaQ sumher-Sllm er dan pertanggung jawaban atas surnber-surnber tersebut. Hotel Santika sekarang merupakan salah satu perusahaan yang sedang berkembang dan bergerak dalam bidang jasa perhotelan. Hotel Santika memiliki 76 kamar yang lengkap dengan fasilitas-fasilitas dan pelayanan-pelayanan yang diberikan. Kamar-kamar .tersebut terbagi menjadi 5 kelas, yaitu santika suit (1 kamar), Executive room (8 kamar), deluxe room (33 kamar), superior room (13 kamar), standart (21 kamar). Untuk menarik minat konsurnen selain pelayanan yang memuaskan, Hotel Santika juga memberikan tarif diskon inap kamar sebesar 18 - 21%. Tujuan perusahaan jangka pendek adalah mempertahankan pelanggan yang telah ada sehingga terdapat kegiatan yang stabil, memberikan peningkatan pelayanan kepada konsumen sehiogga konsurnen merasa puas dan nyaman, mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, dan menutup biaya operasional sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai. Tujuan perusabaan jangka panjang adalah berusaha menutupi biaya operasional dalam jangka panjang dan mencari laba untuk kelangsungan hidup perusahaan, meningkatkan kinerja perusahaan, karena kinerja yang baik akan dapat meningkatkan mutu hotel Uasa pelayanan untuk peningkatan jumlah konsumen), pengembangan usaha perusahaan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan atau pennintaan daTi masyaTakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi dan merupakan penyebab ketidakpastian harga jual/tarif dalam pengambilan suatu keputusan, sehingga dalam perencanaan laba perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan terhambat. Hal-hal tersebut adalah jumlah pesaing, sifat produk, dan elastisitas permintaan. Harga j uaUtarif Hotel Santika mendasarkan pada barga yang telah ditetapkan oleh PHRI (Persatuan Hotel Repubr Indonesia) meskipun demikian, barga dapat berbeda dari harga yang diterapka lJ<l eh PHRI, tetapi selisihnya tidak terlalu jauh. Menurut perhitungan ~rusaha tilTif~g-bed u sekarang dengan membuat patokan tarif dari PHR rnyata ada perbedaan yang m terial dengan tarif yang ditentukan dengan I engg nakau metode c'ost Ius. P"er aan tersebut dikarenakan dalam perhi . gan peneli' iperolelf dari laba y diharapkan ditambah dengan semua o'aya akti a tetap (mark up) d~bah gan biaya produksi, biaya admi j asi da umum · scrta biaya pemasaran. dangkan perhitungan tarif da erusahaan tJdak. Dengan iftersebut bis dikatalean . uai, karena dari perhitu n pen lti diperoleb dapatan atas penjualal kamar tersebut, sehingga dap ~ enut pi biaya opera i n'al. Dengan perencanaan la a, pernsabaan ~kanl emi1iki gamoaran ~patan yang akan diperole sehingga ~eT~aan ak~ mengalami J1 rtumbill?~ dan perkembangan. Di sa [!ling itu, Sarnutn dalam Illenentukan ha~ga jual s 1 a ini hendakuya direncanaR n sehingga aapat menutup biaya produksi dal ]angka panjang dan memperol ~engembalian atar oi..,yj,g tehili ditanamkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 05:20
Last Modified: 30 Mar 2017 05:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item