IDENTIFIKASI KEPERCAYAAN DALAM BISNIS KELUARGA PERCETAKAN 37 TEMANGGUNG

HANDY W, LEO (2014) IDENTIFIKASI KEPERCAYAAN DALAM BISNIS KELUARGA PERCETAKAN 37 TEMANGGUNG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
08.30.0003 Leo Handy W COVER.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.30.0003 Leo Handy W BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (BAB II available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0003 Leo Handy W BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text (BAB III available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0003 Leo Handy W BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0003 Leo Handy W BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text (BAB V available document only in Soegijapranata Catholic University)
08.30.0003 Leo Handy W BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.30.0003 Leo Handy W DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
08.30.0003 Leo Handy W LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepercayaan merupakan pusat dari bisnsi keluarga, dimana sebuah kelompok dari individu berafiliasi dalam sebuah perusahaan yang saling berhubungan untuk sebuah pernikahan, karena kehadiran mereka akan berdampak pada ekonomi mereka. Hal ini seringkali mewakili kerangka dasar untuk sebuah perusahaan dan merupakan sumber keunggulan kompetitif untuk bisnis keluarga. Pedder (2009) menyatakan bahwa kepercayaan dalam bisnis keluarga adalah hal yang penting. Hal ini juga didukung oleh penelitian lain yang dilakukan oleh Mathison (2011) yang mengemukakan bahwa dalam sebuah bisnis keluarga, kepercayaan atau sistem kekeluargaan adalah hal vital yang akan menentukan kesuksesan bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya kepercayaan dalam bisnis keluarga Percetakan 37, Temanggung. Obyek pada penelitian ini adalah bisnis percetakan 37 di Temanggung. Usaha ini beralamat di Jalan Kolonel Soegiyono No.37, Temanggung dan didirikan pada tahun 1958 oleh Ong Sie Bun dan They Yoe Tjing. Kemudian dikelola kepada anak pertamanya yaitu Lili Pratama dan masih dibantu oleh adik pemilik yaitu Ong Tjen Thek. Selain itu anak kedua dan cucu dari anak pertama juga ikut membantu. Dari hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Dimensi keuangan: antar anggota keluarga saling percaya dalam hal keuangan dan pembukuan perusahaan. Dimana keuangan perusahaan hanya sampai pada antar anggota keluarga saja. (2) Dimensi pengetahuan: antar anggota keluarga memiliki pengalaman dan pengetahuan yang memadai di bidangnya serta cukup saling memahami dan bertukat ide. Meskipun ada anggota keluarga dengan pendidikan sarjana tanpa pengalaman, tetapi ada pula lulusan SLTA dengan pengalaman kerja 10 tahun. (3) Dimensi identifikasi: anggota keluarga saling mempercayai dalam hal kemauan untuk memahami keinginan dan kebutuhan masing-masing, maka hal ini mencerminkan mereka memiliki identifikasi yang sama atau pemahaman yang sama sehingga akan dapat memajukan bisnisnya, meskipun ada beberapa anggota keluarga yang tidak bersedia saling meminjamkan modal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home & family management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 01 Sep 2015 14:18
Last Modified: 01 Sep 2015 14:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item