Analisis Reaksi Pasar Saham Terhadap Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Studi Kasus pada PT ASII dan UNVR

CAROLINE, MAYA (2011) Analisis Reaksi Pasar Saham Terhadap Aktivitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Studi Kasus pada PT ASII dan UNVR. Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0217 Maya Caroline COVER.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0217 Maya Caroline BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0217 Maya Caroline BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0217 Maya Caroline BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0217 Maya Caroline BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0217 Maya Caroline BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0217 Maya Caroline DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis reaksi pasar saham investor terhadap aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan publik yang tercatat di BEI. Penelitian ini penting karena perkembangan Corporate Social Responsibility (CSR) di negara-negara berkembang seperti Indonesia mulai berkembang pesat seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai menerapkan aktivitas-aktivitas CSR di operasional perusahaannya. Selain menjadi sorotan banyak pihak di luar perusahaan, aktivitas-aktivitas CSR juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis reaksi pasar saham terhadap aktivitas-aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan event study. Penelitian ini menghipotesiskan pertama Pasar bereaksi positif dan signifikan terhadap aktivitas CSR perusahaan yang lebih banyak. Kedua, Pasar bereaksi positif namun tidak signifikan terhadap aktivitas CSR yang lebih sedikit. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah ASII, BTEL, UNVR dan BBCA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pasar bereaksi positif dan signifikan terhadap aktivitas CSR perusahaan yang lebih banyak. Kedua, pasar bereaksi positif namun tidak signifikan terhadap aktivitas CSR perusahaan yang lebih sedikit. Ketiga, untuk perusahaan ASII dan BTEL pasar bereaksi positif dan signifikan terhadap publikasi CSR karena pengungkapan CSRnya lebih banyak. Sedangkan untuk perusahaan UNVR dan BBCA pasar bereaksi positif namun tidak signifikan terhadap publikasi CSR karena pengungkapan CSR nya lebih sedikit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > Corporate Social Responsibility
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 10 Oct 2016 03:28
Last Modified: 10 Oct 2016 03:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item