Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Berpindah Kantor Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI)

CHARISMA, DINAR (2010) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Berpindah Kantor Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.60.0091 Dinar Charisma COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.60.0091 Dinar Charisma BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
06.60.0091 Dinar Charisma BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB III)
06.60.0091 Dinar Charisma BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
06.60.0091 Dinar Charisma BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB V)
06.60.0091 Dinar Charisma BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.60.0091 Dinar Charisma DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya kebutuhan akan jasa audit menyebabkan makin bertambah jumlah KAP yang beroperasi. Persaingan mungkin timbul antara KAP satu dan KAP lainnya. Hal tersebut menjadi pendorong adanya perpindahan perusahaan ke KAP yang kompeten dan sesuai dengan keinginan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan kontrak (kontrak), keefektifan auditor (auditor), biaya audit (change class), reputasi (market share dan persentase perubahan ROA), dan faktor klien (opini auditor, distress, sales, perubahan ownership, growth) terhadap perpindahan KAP atau auditor changes. Penelitian ini menggunakan data perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI untuk tahun 2003-2007. Pengambilan sampel pada penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 570 observasi. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: perusahaan yang mengalami perubahan kontrak (kontrak) cenderung melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi efektivitas auditor (auditor) maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan melakukan perpindahan KAP, reputasi klien diproksikan dengan market share dan perubahan ROA : perusahaan yang memiliki persentase pangsa pasar (market share) yang tinggi maka cenderung semakin kecil kemungkinan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin meningkat persentase perubahan ROA maka cenderung semakin besar kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkatan biaya audit (change class) maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, faktor klien diproksikan dengan opini, distress, sales, chown, growth : semakin baik opini auditor yang diberikan kepada perusahaan maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkat distress perusahaan maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, perusahaan yang memiliki sales yang tinggi maka cenderung semakin kecil kemungkinan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP, semakin tinggi tingkat perubahan ownership perusahaan maka cenderung semakin memungkinkan perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP. Tetapi tidak terbukti bahwa semakin tinggi pertumbuhan penjualan perusahaan mendorong perusahaan untuk melakukan perpindahan KAP. Kata kunci: KAP, perpindahan KAP, auditor changes, perubahan kontrak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Auditing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 Oct 2016 06:18
Last Modified: 12 Oct 2016 06:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item